Dua Madrasah Berlaga di Pesta Siaga Pramuka Tingkat Karesidenan Pekalongan

Batang – Patut mendapat acungan jempol dan salut pada MI Sengon Kecamatan Subah dan MI Pretek Kecamatan Pecalungan kab. Batang yang dapat ikut berlaga di ajang Pesta Siaga tingkat Binwil/Karesedenan Pekalongan pada Sabtu (24/03) di Komplek Kantor Wali Kota Pekalongan.

Ke dua madrasah itu telah mengikuti seleksi secara berjenjang, mulai tingkat Kwaran (kecamatan), kwarcab (kabupaten) hingga menembus tingkat binwil (Karesidenan Pekalongan). Perjuangan yang sangat melelahkan karena sudah menyingkirkan banyak SD/MI yang mengikuti kegiatan itu, maka aplus dan salut yang sangat luar biasa atas perjuangan baik Kepala Madrasah, pembina dan anak-anak siaga itu.

Budi Setiawan salah satu pembina MI Sengon Subah dalam keterangannya mengatakan madrasahnya, sudah sangat yakin dengan anak-anaknya sejak seleksi pesta siaga tingkat kwaran/kecamatan sampai kwarcab Batang,pasalnya mereka sangat semangat, dengan menguasai materi lomba dengan tuntas, sehingga dalam pelaksanaannya dapat menembus sampai tingkat binwil/karesidenan. Dia juga mengatakan bahwa keikut sertaannya dalam pesta siaga ini adalah kali kedua, meskipun belum bisa sampai puncak tertinggi untuk mengikuti Perkemahan Sehari (Persari) ditingkat provinsi Jawa Tengah, maka dia berharap semoga tahun depan dapat mempersiapkan lagi dengan lebih baik.

"Kami sudah sangat yakin dengan persiapan anak-anak, karena mereka telah menguasai semua materi permainan yang telah  dilatih oleh para para pembina", katanya

"Sejak seleksi ditingkat kecamatan, barung kami dapat memperoleh nilai maksimal, demikian juga saat seleksi ditingkat kabupaten, semoga ditingkat karesidenan ini sama keadaannya, sehingga anak-anak akan dapat mendapatkan nilai maksimal," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala MI Pretek Kecamatan Pecalungan Solikhin selaku Ketua Mabigus dalam penjelasannya mengatakan bahwa anak-anak bersama pembinanya telah mempersiapkan sedemikian rupa, dengan memberi materi lomba secara maraton, sehingga barungnya dapat memenangkan seleksi pesta siaga baik tingkat kwaran(kecamatan), kwarcab (kabupaten) hingga sampai seleksi tingkat binwil (karesidenan). Dia juga mengatakan bahwa kedepan, prestasi anak-anak ini akan dapat mengangkat prestasi Madrasah.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan pesta siaga adalah ajang lomba bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun sekali oleh Gerakan Pramuka yang diseleksi secara berjenang mulai tingkat kwaran(kecamatan), kwarcab(kabupaten), Binwil(Karesidenan) dan Kwarda (Provinsi) diikuti oleh seluruh gugus depan yang berpangkalan di SD/MI.(Zy)