MI At Tauhid budayakan 8S + i

BANYUMAS – Madrasah Ibtidaiyah At Tauhid Pageralang Kemranjen Banyumas membudayakan warga madrasah dengan 8S + i.  

"8S plus i itu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Syukur, Shodaqoh dan Ikhlas", ujar kepala madrasah, Ma'mun Murod di sela-sela acara AKSIOMA MI Cabang Seni Tingkat Kabupaten Banyumas yang dipusatkan di madrasahnya, sabtu (24/3).

Ma'mun menjelaskan bahwa setiap siswa dan guru di sini (madrasah-red) wajib untuk tersenyum, memberikan salam, menyapa dengan sikap sopan dan penuh kesantunan kepada semua orang yang ia temui, dilarang cemberut, dilarang saling diam, dilarang membenci. Dengan begitu siswa menjadi lebih semangat belajar karena semua teman temannya itu baik, tidak ada yang nakal. Hubungan antar guru juga harmonis, sehingga bekerja lebih tenang dan senang.

Selain itu, kami juga membiasakan diri untuk bersikap sabar. Jangan mengeluh dengan keadaan yang menghimpit kita. Misalnya satu pekerjaan belum selesai, datang pekerjaan lain, maka harus tetap bersabar.

Kita juga harus selalu bersyukur dengan apa yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita. Sekecil apapun rejeki, kita syukuri dan bersedekah sebagai wujud kita bersyukur. Dan akhir dari semuanya itu, kerja kita harus dilandasi dengan keikhlasan. Tidak mengharapkan sesuatu selain ridho Allah SWT. Kerja yang tidak ikhlas hanya akan menghasilkan kekecewaan dan sia sia, tapi dengan kerja ikhlas, apa yang kita kerjakan dicatat sebagai amal kebaikan. (ak/bd)