Dua Pura di Karanganyar Terkena Longsor

Karanganyar – Minggu, 14 November 2021 Dirjen Bimas Hindu RI, Tri Handoko Seto meninjau langsung 2 Pura di Kabupaten Karanganyar yang mengalami longsor beberapa waktu lalu. Pura tersebut adalah Pura Tunggal Ika yang terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, dan Pura Bhuana Agung Mahendrajati yang terletak di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi.

Dalam kunjungannya hujan deras mengguyur wilayah Kemuning Ngargoyoso selama sepekan, sehingga 2 Pura di wilayah Ngargoyoso tertimpa tanah longsor. Minggu, 14 November 2021 Dirjen Bimas Hindu RI, Tri Handoko Seto meninjau langsung pura yang terkena longsor. Pura tersebut adalah Pura Tunggal Ika yang terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, dan Pura Bhuana Agung Mahendrajati yang terletak di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi.
Tidak Kerusakan parah pada pura, tetapi tanggul disamping longsor sehingga tanah terkikis dan jika tidak segera diperbaiki akan membahayakan bangunan pura.

Dirjen Bimas Hindu RI yang didampingi oleh Komisi VIII DPR RI, Pembimas Hindu Provinsi Jawa Tengah, PHDI Provinsi Jawa Tengah, dan PHDI Kabupaten Karanganyar, menyampaikan akan segera memberikan bantuan rehab untuk Pura Tunggal Ika maupun Pura Bhuana Agung Mahendrajati.

“Pura Bhuana Agung Mahendrajati tercatat mendapatkan bantuan rehab Pura untuk anggaran tahun 2021 yang akan di prioritaskan untuk merehab titik terdampak longsor, sedangkan Pura Tungga Ika direncanakan akan terealisasi tahun 2022,” jelas Tri Handoko Seto.

Tri Handoko menjelaskan, dua pura ini berada di lereng bukit Kemuning Ngargoyoso. Musibah ini terjadi pasca hujan deras yang mengguyur sejak sepekan. “Hal ini akan dibahas dalam paruman dengan pangempon pura. Lokasi pura memang sangat berisiko, karena tanggulnya sudah longsor,” ujar Tri Handoko.(rama-ida/sua)