Dukung Program Bebas BABS, Baznas Serahkan Bantuan Jamban Sehat

Karanganyar – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar kembali menyelenggarakan sarasehan Baznas periode Bulan Februari 2018 pada hari Senin (26/02). Kegiatan yang terlaksana di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar ini dihadiri oleh Asisten III Sekda Karanganyar Sutarno, Kepala Kankemenag Musta’in Ahmad, Ketua Baznas Sugiyarso, Ketua Pengadilan Agama serta TNI dan Polri.

Ketua Baznas menyampaikan, pencapaian bulan Januari sebesar Rp 1 miliar 1 juta. Menurutnya, ini merupakan hasil kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Karanganyar serta bantuan pihak lain sehingga dapat mengumpulkan dana ZIS sesuai target bahkan pencapaiannya melebihi target. Begitupun juga penyalurannya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Insya Allah sampai akhir Bulan Februari mencapai 1 Miliar. Ini berkat kesadaran semua sehingga pada februari 2018 total jumlah Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) 956 juta rupiah,” jelas Sugiyarso.

Dalam sarasehan kali ini diserahkan secara simbolis bantuan jamban sehat untuk mendukung program pemerintah masyarakat bebas buang air besar sembarangan (BABS). Penyerahan bantuan dilakukan oleh Asisten III Sekda Karanganyar kepada Ibu Saminah warga Jumapolo sebesar Rp 2.000.000 untuk membangun Jamban sejat bagi keluarganya. Baznas Karanganyar sendiri telah menyalurkan bantuan ratusan jamban sehat untuk fakir miskin.

Di kesempatan berbeda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapten Karanganyar Musta'in menyampaikan bahwa dengan adanya Baznas membuat kegiatan-kegiatan agama banyak yang terfasilitasi dengan baik. Menurutnya, peran Baznas saat ini terhadap perkembangan kegiatan agama di Kabupaten Karanganyar sangat besar, sehingga banyak masyarakat dapat menerima dampak positifnya.

“Dengan adanya dukungan Baznas, saat ini tidak sedikit kegiatan di Kementerian Agama mendapat dukungan dari Baznas. Tentu ini sangat membantu dan kami berterimakasih. Harapannya akan lebih banyak lagi kegiatan yang bekerjasama dengan Baznas sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat yang lebih luas,” kata Musta’in.

Selain itu Kepala Kemenag juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung perkembangan Baznas Karanganyar. Saat ini sebagian besar dana Baznas berasal dari gaji pegawai di Instansi/Lembaga dan perusahaan yang ada di Kabupaten Karanganyar. Dengan dukungan masyarakat yang lebih luas, maka Baznas akan terus berkembang dan membawa kebaikan bagi masyarakat. (ida-hd/gt)