DWP Kemenag Banjarnegara Gelar Halal Bi Halal

Banjarnegara – Bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Halal Bihalal 1442 H/2021 M dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan yang sekaligus juga bersamaan dengan pertemuan rutin bulanan  ini dihadiri oleh segenap pengurus DWP Kemenag, Ketua Perwanida Kecamatan, Ketua Perwanida Satker  Madrasah Negeri, dan Kepala RA Perwanida Se Kabupaten Banjarnegara hari Senin (07/6/2021).

Adapun ikrar Halal Bihalal sebagai ungkapan minta maaf disampaikan Ibu Lilis Musobihin mewakili anggota DWP. “Tidak mungkin ketika bersosialisasi maupun bersama dalam aktivitas DWP tidak lepas dari salah dan khilaf oleh karena itu karena masih dalam momentum Syawal mari kita saling memaafkan agar semua kembali ke fitri,” ungkapnya.

Penerimaan ikrar Halal Bi Halal diterima oleh Ketua DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara Ibu Khuriyah Suryo Suripto. ” Minal aidin wal faiidzin, taqobbalallahu minna wa mingkum, taqobbal ya karim, Mohon maaf lahir dan batin, jika selama ini secara pribadi dan keluarga ada tutur kata yang salah atau tindakan yang kurang berkenan, mohon dimaafkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto memyampaikan pembinaan dan  menerangkan makna dari dharma wanita itu.

“Kata Dharma Wanita, yang terdiri dari dua kata yaitu dharma yang artinya kewajiban, aturan, kebenaran, dan wanita yang berarti : lebih mendahulukan kewajiban dari pada haknya. Hal ini mengandung maksud bahwa sebagai wanita ibaratnya memiliki tangan sepuluh dan kaki seribu, yang artinya wanita bisa menunaikan tugas dan tanggungjawabnya baik rumah tangga, keluarga maupun kedinasan,” jelasnya.

Sementara itu Drs.Nasirin yang didaulat untuk menyampaikan tausiah sekaligus doa penutup menjelaskan tentang Surat Ali Imron ayat 16-17.

“Dari ayat tersebut yang dikatakan bahwa orang beriman adalah satu orang yang sabar. Dua, orang yang benar. Tiga, orang yang taat. Empat, orang yang berinfak. Dan terakhir orang yang selalu mohon maaf diwaktu sahur,” terangnya

“Tips agar mudah bangun malam yaitu tidur jangan terlalu larut malam dan perut jangan terlalu kenyang sehingga setiap malam bisa bangun untuk menunaikan aktivitas bermunajat kepada Allah SWT”, imbuhnya.

Sebagai penutup Ibu Khuriyah Suryo Suripto mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada ibu-ibu DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara yang selalu Istiqomah mensukseskan program kegiatan DWP, semoga pengurus dan anggota selalu semangat dan konsisten. (hmsdwp/rv/ak/rf)