Pelajar PKS Adalah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Lingkungannya

Mungkid – Kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) diharapkan dapat menjadi embrio bagi peningkatan kesadaran keselamatan berlalu lintas bagi para siswanya. Para anggota PKS harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi teman-temannya karena saat ini banyak sekali pelajar yang menggunakan sepeda motor untuk transportasi dan mengabaikan keselamatan berkendara.

Hal tersebut disampaikan Kepala MTsN 3 Magelang Ahmad Zaeni RB, Jumat (20/04) usai melaporkan kegiatan Latihan Gabungan Pengaturan Lalu Lintas dan Pembinaan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas yang bagi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang dilaksanakan di MAN Kota Magelang, 13 s.d. 14 April lalu.

Ahmad Zaeni menyampaikan sebanyak 20 pelajar PKS MTsN 3 Magelang ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan disiplin pelajar dalam berlalu lintas, meningkatkan wawasan kebangsaan serta cinta tanah serta menjadi momen bagi para siswanya untuk menjalin silaturahmi dengan sesama pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut,

“Melalui latihan gabungan tersebut, saya berpesan kepada anak-anak agar dapat menjadi media silaturahmi bagi sesama pelajar. Diharapkan anak-anak dapat meningkat disiplin berlalu lintas, meningkat wawasan kebangsaannya, sehingga tumbuh rasa cinta tanah air dan cinta kepada madrasah,” kata Zaini.

Kegiatan Latihan Gabungan Pengaturan Lalu Lintas dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang dan Jasa Raharja Perwakilan Magelang. Dalam latihan tersebut para pelajar diberikan materi terkait dengan pembinaan pelajar pelopor keselamatam berlalu lintas, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, pengenalan pertolongan pertama pada kecelakaan, penegenalan gerakan lalu lintas, senam lalu lintas, pemberian motivasi oleh Duta Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, serta pengenalan mengenai tugas dan tanggung jawab Jasa Raharja.

Ahmad Zaini menuturkan bahwa Kepala Dishub Kota Magelang Suryantoro menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota PKS atas peran sertanya dan berharap kegiatan tersebut dapat memotivasi pelajar di Kota Magelang untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina PKS Bintu Zaaedah,  mengatakan latihan gabungan sangat efektif dalam  membangun kerjasama antar sekolah dan madrasah, khususnya pada bidang ketertiban lalu lintas melalui PKS. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya dengan materi yang lebih lengkap. (am/bd)