DWP Kementerian Agama Ikuti Raker DWP Kota Semarang

Semarang – Rapat Kerja Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Semarang yang diikuti oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan/ Dinas/ Instansi dan Ketua DWP Kecamatan se-Kota Semarang berlangsung di Gedung DWP Kota Semarang lantai 3, Jl. Dr. Soetomo, Senin (10/04).

Kegiatan yang juga diikuti oleh DWP Kemenag Kota Semarang tersebut diisi dengan pengarahan Ibu Penasihat DWP Kota Semarang dan laporan bidang – bidang. Diawali dari laporan sekretaris, bendahara kemudian laporan bidang ekonomi, pendidikan dan sosial budaya. Pada kegiatan tersebut ditampilkan pula keterampilan decoupage yaitu seni keterampilan memotong dan menempel gambar.

Krisseptiana Hendrar Prihadi, selaku Ibu Penasihat DWP Kota Semarang memberikan pengarahan kepada peserta yang merupakan istri ASN dan pegawai ASN perempuan. Tya, panggilan akrab istri walikota Semarang, memaparkan pentingnya peran istri dalam mendukung kinerja suami. Istri harus dapat menciptakan suasana rumah tangga yang nyaman. “Selalulah tersenyum, yang diinginkan suami adalah suasana nyaman di rumah. Begitu pula ketika suami di kantor, perilaku, sikap dan pikiran suami ketika di kantor sangat dipengaruhi oleh istri, dan ini akan berpengaruh pada kinerja dan kesuksesan suami,” ujar Tya.

Ia berpesan, jika ada masalah atau persoalan yang belum jelas kebenarannya, jangan disampaikan ke suami, karena hal ini akan menambah beban pikiran suami. “Namanya gossip, jika digosok makin sip,” kata Tya Hendy. “Selalu berpositif thinking, dunia akan terasa indah. Kita harus sadar bahwa semua yang dikerjakan suami adalah demi keluarga dan masyarakat,” imbuhnya.

“Di balik laki-laki yang hebat ada perempuan yang hebat di belakangnya, yaitu istri,” ujar Tya mantap.

Selebihnya Tya berharap pertemuan DWP dapat menambah keakraban di antara anggota, dapat saling bertukar pikiran tentang hal yang baik, serta dapat berdiskusi untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, sesuai dengan Hymne dan Mars DWP. Sedangkan Asih Adi Tri Hananto, Ketua DWP Kota Semarang menyampaikan bahwa pengarahan dari Ibu Penasihat DWP Kota Semarang merupakan bekal bagi ketua unit pelaksana Dharma Wanita Persatuan (DWP) se-Kota Semarang dalam menjalankan roda organisasi DWP di tempat masing-masing.

Sementara itu DWP Kemenag Kota Semarang pada kegiatan tersebut diwakili oleh Cholidah Hanum (Sekretaris) dan Azizah (Bidang ekonomi) memaparkan bahwa keikutsertaan dirinya merupakan bukti bahwa Kemenag selalu berpartisipasi dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan di DWP Kota Semarang yang beranggotakan sekitar 65 unit pelaksana DWP di Kota Semarang.

Hanum menjelaskan berbagai kegiatan yang selalu diikuti antara lain rapat kerja yang dilaksanakan tiap bulan, pengajian tiap Jum’at Legi dan kegiatan insidental lain semisal seminar, talkshow, kegiatan sosial, berbagai lomba, dan lain-lain. ”Koordinasi dan kerjasama dengan pemda dan instansi terkait tidak hanya dilakukan oleh Kemenag sebagai instansi tetapi juga aktif dilakukan oleh DWP Kemenag sebagai organisasi istri ASN dan ASN perempuan Kemenag Kota Semarang,” ungkap Hanum.

Azizah selaku pengurus bidang ekonomi menuturkan bahwa hasil dari raker di tingkat Kota, nantinya akan diinformasikan kepada anggota DWP Kemenag Kota Semarang. DWP Kemenag juga aktif sebagai anggota koperasi Mekar Melati di bawah naungan DWP Kota Semarang. “Kita juga aktif dalam kegiatan sosial di tingkat DWP Kota Semarang misalnya penggalangan infaq dan piket rutin kunjungan di Panti Wredha,” ujar Azizah. (ch/gt)