E-Learning Bagi Guru, Output Siswa Berkarakter Internet Positif

Wonosobo – Guna meningkatkan pemahaman dan aplikasi tentang pembelajaran berbasis teknologi, sebanyak 90 guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kabupaten Wonosobo mengikuti kegiatan pelatihan konsep pembelajaran e-learning di Kampus MTsN 1 Wonosobo, Jumat (28/03/2019).

Ketua Forum Komunikasi Kepala Madrasah (FKKM) MTs Kabupaten Wonosobo, M. Abdul Malik mengatakan, kegiatan yang di sponsori oleh Eduprime Yogyakarta ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa dan memudahkan siswa dalam belajar melalui pembelajaran online

“Eduprime Yogyakarta ingin memperkenalkan PRIME MOBIlE sebagai lembaga pendidikan non formal yang telah mendesain sebuah konsep pembelajaran E- Learning atau online terintegrasi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, guru harus mampu mengikuti perubahan zaman terutama dibidang teknologi. Guru harus mampu memanfaatkan internet yang ada, karena dengan pembelajaran yang menggunakan media internet maka akan memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dapat dimanfaatkan oleh guru-guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, lanjutnya, dapat mempermudah guru dalam memberikan materi pelajaran.

“Guru bisa memberikan materi atau tugas kepada siswa melalui internet. Hal ini memungkinkan proses belajar berlangsung dinamis dan menyenangkan, karena siswa bisa lebih leluasa menuangkan ide-ide dan pikiran mereka,” bebernya.

Salah satu peserta pelatihan, Dartono mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan pelatihan E-Learning ini. Menurutnya, banyak manfaat dari pelatihan ini diantaranya, ia bisa mengetahui cara memanfaatkan internet secara positif terutama dalam hal pendidikan.

“Dengan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi komputer ini sangat tepat dan tentunya akan memudahkan guru dan siswa, sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang baik juga,” tandasnya. (PS-WS/Wul)