Ekspo Madrasah sebagai Salah Satu Kegiatan Aksioma

Temanggung – MAN  Temanggung,  Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  I Temanggung turut meramaikan kegiatan Ekspo Madrasah yang dilaksanakan bersamaan dengan tiga even lainnya yaitu Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional di Daerah Istimewa Yogyakarta, 7 s/d 12 Agustus 2017.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama, Ahmad Sugijarto mengungkapkan kegiatan Ekspo Madrasah merupakan ajang pameran best practice madrasah perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut akan ditampilkan tipologi diversifikasi madrasah yang dikembangkan dari segi akademik dan riset, keterampilan, keagamaan dan inklusif.  “Ekspo ini juga merupakan sarana memberikan informasi kepada masyarakat umum bahwa kompetensi dan karya siswa madrasah beragam sangat sesuai dan dibutuhkan di masyarakat dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya saat mengunjungi Stan MAN Temanggung yang didampingi Ibu dan pembimbing siswa MAN Temanggung.

Ahmad Sugijarto menambahkan, Ekspo madrasah diikuti kurang lebih 25 stand madrasah mewakili Provinsi Jawa Tengah bertempat di gedung prof Dr. HM. Amin Abdullah, UIN Suka Yogyakarta.  Ekspo madrasah sebagai salah satu kegiatan Aksioma, KSM Tingkat Nasional 2017 yang dilaksankan di Daerah Istimewa Yogyakarta, dibuka secara resmi oleh ibu Menteri Agama Trisna Willy Lukman Hakim  bertempat di gedung Prof. DR. HM. Amin Abdullah komplek UIN Suka Yogyakarta.

Jawa Tengah di wakili oleh MAN Temanggung yang menampilkan hasil kreasi dan produksi dari jurusan PPHP (Pengolahan Dan Penanganan Hasil Pertanian).  Disamping itu menampilkan pula hasil karya seperti kaligrafi, elektonika.

Sementara, pembimbing siswa MAN Temanggung, Indriyanti mengaku pihaknya menyambut gembira dan siap berpartisipasi pada ajang Ekspo Madrasah. Sejumlah karya siswa dan produk program keterampilan yang meliputi  Keterampilan Elektronik, Keterampilan Tata Busana, Keterampilan Tata Boga, Keterampilan Komputer dan Keterampilan Pertanian akan ikut menyemarakkan acara di tingkat nasional tersebut.

Menurutnya berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan ekspo madrasah, mulai dari koordinasi seluruh pengelola program keterampilan, hasil karya dan produk keterampilan, hingga berbagai informasi terkait seperti foto-foto, leaflet, papan display, video rekaman dan properti lainnya. “Mohon doa dan dukungan dari warga madrasah dan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk madrasah,” pungkasnya.(sr/Af)