Embarkasi Solo Telah Berangkatkan 41 Kloter CJH Menuju Tanah Suci

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menerima Kunjungan Kerja Spesifik dalam rangka Peninjauan Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Embarkasi Solo, Jumat (26/08). Sebanyak 9 anggota dewan tergabung dalam Komisi IX yang diketuai oleh Pius Lustrilanang dari Fraksi Gerindra tiba di Asrama Haji Donohudan untuk melakukan peninjauan pelayanan kesehatan bagi jemaah haji dari Embarkasi Solo.

Sekretaris PPIH Noor Badi membenarkan kehadiran Komisi IX DPR RI ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, tim tersebut akan melakukan peninjauan terhadap pelayanan kesehatan bagi jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo.

“Sesuai dengan surat yang kami terima dari Komisi IX DPR RI, tim tersebut akan melaksanakan kunjungan kerja spesifik dalam rangka peninjauan pelayanan kesehatan jemaah haji Embarkasi Solo mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Agustus 2016, rencananya pagi ini tim akan melakukan dialog dengan PPIH terkait masalah pelayanan kesehatan,” ucap Noor Badi.

Ditambahkan, usai dialog tim akan memantau pelayanan kesehatan yang diberikan Bidang Kesehatan PPIH kepada jemaah, meninjau ruang pemondokan dan sanitasi serta melihat dapur tempat penyedian konsumsi bagi jemaah.

Sementara itu kehadiran Komisi IX DPR RI di Asrama Haji Donohudan bertepatan dengan jadwal keberangkatan calon jemaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 yang berasal dari Kabupaten Kudus. Noor Badi menyampaikan bahwa sampai dengan pagi ini Embarkasi Solo telah menerima CJH sebanyak 43 kloter dan telah memberangkatkan CJH sebanyak 41 kloter.

“Sejak dimulainya masa operasional pemberangkatan haji (08/08) hingga saat ini Embarkasi Solo sudah menerima 15,452 jemaah tergabung dalam 43 kloter dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah, dan telah memberangkatkan sebanyak 41 kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 14,694,” ucap Noor Badi saat dimintai keterangan seusai melepas keberangkatan CJH kloter 41 asal Kabupaten Kudus di depan Gedung Muzdalifah, Jumat (26/08).

Jumat (26/08) Embarkasi Solo dijadwalkan memberangkatkan CJH sebanyak 3 kloter, dan akan menerima CJH sebanyak 2 kloter.

“Pada hari CJH berturut-turut diberangkatkan mulai dari kloter 41 asal Kabupaten Kudus pada pukul 07:45 WIB, kemudian lanjut kloter 42 asal Kota Semarang pada pukul 12:55 WIB dan terakhir kloter 43 asal Kota Semarang pada pukul 18:45 WIB. Sedangkan CJH yang masuk embarkasi ada 2 kloter yakni kloter 44 asal Kabupaten Demak pada pukul 19:00 WIB dan kloter 45 asal Kabupaten Kendal pada pukul 21:00 WIB,” lanjutnya.

Sedangkan CJH yang terpaksa dirujuk ke RS. Moewardi karena alasan kesehatan sampai dengan pagi ini tercatat masih 4 jemaah, masing-masing Sarbani Jani Jono (78) kloter 38 asal Kabupaten Rembang, Wiji Surat Dasirin (45) kloter 39 asal Kabupaten Blora, Kamtini Amat Kasan (50) dan Endang Supriati soedarman (29) kloter 43 asal Kota Semarang. (gt/gt)