ESC Mansa jadi Tutor for Junior di MTs Negeri 1 Kebumen

Kebumen – Tantangan abad 21 atau yang dikenal dengan era super smart society (Society 5.0) mengharuskan masyarakat untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Adaptasi dengan society 5.0 perlu mengetahui perkembangan generasi. Generasi muda harus responsif dengan perkembangan abad 21 dengan mengupgrade kadar intelektualitas karena segala hal sudah berkembang dengan platform teknologi dan informasi.

Salah satu bidang ilmu atau mata pelajaran yang mendukung dengan perkembangan abad 21 adalah Bahasa Inggris. Karena hampir semua platform digital dalam teknologi dan informasi menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Searah dengan hal tersebut, Engglish Study Club (ESC) MAN 1 Kebumen (Mansa) pada hari Sabtu, (16/10) mengadakan kegiatan program Tutor for Junior di MTs Negeri 1 Kebumen.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kerjasama antara ESC Mansa dan SEC (Special English Club) MTs Negeri 1 Kebumen dalam bidang pengembangan keahlian berbahasa Inggris bagi peserta didik.

Elly Samodrati, pembina ESC Mansa kegiatan menyampaikan, kegiatan ini adalah wujud aplikasi program  Tutor for Junior ESC Mansa. “Sebelum menjadi Tutor for Junior , anak-anak ESC Mansa beberapa minggu yang lalu sudah kami gembleng kemampuan berbahasa Inggrisnya di KWIK (Kampung Wisata Inggris  Kebumen),” katanya.

Tutor for Junior diisi dengan materi game seperti gralon (grammar balon), mencari kosa kata di dalam nama kota, dan mengisi lirik lagu yang kosong, diikuti dengan penuh antusias oleh sekitar 60 peserta dalam suasana yang ceria. Peserta kegiatan terlihat penuh semangat mengikuti materi yang disampaikan oleh para tutor. Konsep Fun Learning English, dimana para tutor mengajak peserta belajar Bahasa Inggris dengan suasana ceria dan bahagia,nampak dalam proses kegiatan sore itu.

Di sisi lain, Siti Mastiah pembina SEC MTs Negeri 1 Kebumen merasa senang dan mengapresiasi program Tutor for Junior ESC Mansa. Dia berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dimasa mendatang. Karena menurutnya, kedatangan ESC Mansa memberikan suasana baru bagi peserta dalam belajar Bahasa Inggris. “Anak – anak  menjadi lebih bersemangat dan gembira belajar Bahasa Inggris,” ujarnya.

Terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta didik semakin semangat dan senang belajar Bahasa Inggris, khususnya yang tergabung dalam ESC Mansa dan SEC MTs Negeri 1 Kebumen. Mereka diharapkan menyadari betapa pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan sehingga menjadi termotivasi untuk belajar dan menguasainya.(fz/tt).