Evaluasi Pelaksanaan Simulasi 1 UNBK Tahun 2017/2018

Slawi – Berawal dari komitmen bersama untuk mengangkat marwah lembaga madrasah tsaniwayah di Kabupaten Tegal menjadi lebih baik, MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal bersama 4 MTs lainnya untuk pertama kalinya pada tahun 2017 mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut juga Computer Based Test (CBT), yaitu sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Untuk meningkatkan komitmen tersebut dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat Pada tahun pelajaran 2017/2018, MTs Negeri Model Babakan ini telah mendaftarkan diri menjadi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebagai langkah awal pada tanggal 20-21 November 2017 telah dilaksanakan Simulasi Ke-1 UNBK yang dilaksanakan secara nasional diikuti oleh 381 peserta didik.

Sebagai bahan evaluasi kegiatan rakor panitia simulasi tersebut pada hari Rabu, 22 November 2017, dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah Mukhlasin mengatakan  terima kasih kepada panitia, proktor, dan tekhnisi yang telah sukses dalam kegiatan simulasi-1. Ada beberapa catatan yang harus kita perhatikan diantaranya, kesiapan sarana perlu kita lengkapi dan juga kesiapan SDM peserta didik itu sendiri agar mempunyai pengetahuan dasar computer. Karena akan menjadi sesuatu yang signifikan dan fatal apabila di awal ujian anak sudah kesulitan dalam mengetik Kolom Username dan Pasword.

“Secara umum pelaksanaan simulasi-1 lancar, hanya ada beberapa kendala sarana prasarana Laptop / PC yang belum penuh sesuai batas minimal 1/3 dari jumlah siswa. Namun demikian hal ini tidak menjadikan kami kendor semangat, dengan berbagai ikhtiar kita bisa memenuhinya. Harapan kedepan semoga Kementerian Agama RI melalui Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah secara bertahap dapat memenuhi kebutuhan perangkat UNBK tersebut.” harap Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Sodikin. (byrs/za/rf)