Kepala Kemenag Jadi Nara Sumber di Dinpora

Demak – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, Ahmad Muhtadi, Selasa kemarin (15/06/2021) menjadi nara sumber pada kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Demak.

Kegiatan berlangsung di gedung pramuka dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinpora, Muh Ridhodin. Berdasarkan laporan yang disampaikan ketua penyelenggara, Riyanto, bahwa kegiatan itu diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari pembina gudep madrasah MI 20 orang, MTs 20 orang dan MA 10 orang. “Kegiatan ini dibiyai sepenuhnya oleh DIPA Dinpora Demak Tahun Anggaran 2021,” lapornya.

Usai pembukaan dilanjutkan penyampaian materi oleh para nara sumber. Dan Ahmad Muhtadi mendapat giliran yang pertama. Adapun materi yang ia sampaikan berjudul “Pengembangan Gugus Depan Pramuka di Madrasah se- Kabupaten Demak.”

Sebagai orang baru di komunitas kepanduan Demak, ia mengawali pemaparannya dengan terlebih dahulu memperkenalkan diri serta menceritakan pengalamannya yang aktif di pramuka semenjak masih di Kemenag Karanganyar. Bahkan menurut ceritanya,  jabatan terakhir sebelum pindah ke Kemenag Demak adalah Waka Humas pada Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar.

Dari pengalaman itulah ia berpendapat, “Minimal pembina gudep harus memiliki sertifikat Kursus Mahir Lanjutan . Sehingga ketika mengarahkan pembina Gugus Depan di madrasah, tidak hanya sekedar berdasarkan keinginan, namun berdasarkan pengalaman dan keilmuan.”jelasnya.

Sementara diantara sekian materi yang disampaikan, ada satu hal penting yang ia tekankan, yaitu tentang peningkatan kualitas madrasah. ”Peningkatan kualitas madrasah bisa dimulai dari peningkatan kualitas ekstra kurikuler pramuka. Karena gerakan pramuka salah satu tujuannya adalah membentuk siswa yang berkarakter dan berakhlakul karimah,” jelasnya. Sebagai informasi, kegiatan ini berlangsung dua hari. Dan hari ini, Rabu (16/06/2021) adalah hari ke dua atau terakhir. (ms)