Evaluasi Proses Pembelajaran, MAN Blora Gelar PTS Gasal 2018

Blora – Berdasarkan Kalender Akademik Tahun Pelajaran 2018/2019, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal dimulai pada Senin (17/9) sampai dengan 25 September 2018.

Penilaian kali ini diikuti oleh 896 siswa yang terdiri dari 260 siswa kelas X 264 kelas XI dan 372 siswa kelas XII.

Dari hasil pantuan panitia PTS, nampak siswa-siswi mengerjakan soal dengan penuh semangat dan tertib sesuai jadwal dan mapel yang telah ditentukan, dimana pelaksanaannya dilakukan pada jam kegiatan belajar mengajar seperti biasa, namun untuk materi pelajarannya maksimal hanya tiga mapel per hari.

Waka Bidang Kurikulum MAN Blora, Yuni Dewi Lestari menyampaikan bahwa kegiatan PTS Gasal ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengetahui hasil kegiatan belajar di pertengahan semester gasal. Selain tujuan tersebut kegiatan PTS ini juga bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa.

“kami ingin ujian ini dijadikan bahan evaluasi proses pembelajaran yang ada dan kami harapkan hasilnya bisa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru maupun siswa di MAN”ujarnya.

Pihaknya juga berharap agar PTS Gasal ini sampai esok berjalan dengan tertib dan lancar, dan jajaran panitia maupun pengawas benar benar menjalankan tugas dan fungsinya masing masing untuk melaksanakan ujian secara jujur dan sportif untuk memberikan penilaian kepada siswa secara obyektif.

Yuni pun menandaskan bahwa dengan diadakannya penilaian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi siswa dan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan siswa siswinya termotivasi belajar yang lebih giat lagi serta memiliki harapan yang lebih baik terhadap hasil ulangan pada semua mata pelajaran yang sudah diujikan.(umi-ima/bd)