Evaluasi Serapan Anggaran Untuk Optimalisasi DIPA Tahun 2021

Kota Magelang – Didampingi para Kasi dan Gara Zawa, Kepala Kankemenag Kota Magelang memimpin rapat koordinasi dan evaluasi capaian serapan DIPA satker Kementerian Agama Kota Magelang di Aula Kantor pada Selasa (21/09). Hadir dalam rakor tersebut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), perencana, bendahara, pengelola DIPA dan para kepala madrasah di semua jenjang pendidikan.

“Saya meminta seluruh pejabat yang terkait dengan anggaran untuk berkonsentrasi terhadap serapan anggaran DIPA di tahun ini. Cek setiap mata anggaran dan kegiatan yang belum terlaksana. Jika memang harus dilakukan revisi anggaran segeralah dilakukan, sehingga serapan anggaran dapat optimal” arah Sofia Nur.

Rapat untuk mengevaluasi penyerapan anggaran DIPA Tahun Anggaran 2021 pada Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, didahului oleh laporan realisasi anggaran yang sudah terserap dan langkah-langkah dalam merealisasi sisa anggaran oleh bagian keuangan.

PPK Kankemenag Kota Magelang pada rapat tersebut menegaskan bahwa kegiatan rapat ini untuk memonitor realisasi penyerapan anggaran dan memecahkan serta menyelesaikan masalah atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan realisasi secara bersama-sama. Lebih lanjut beliau menyatakan evaluasi pelaksanaan anggaran penting karena perkembangan pelaksanaan anggaran dapat terlihat dan permasalahan yang timbul dapat teridentifikasi serta agar menghindari penumpukan penyerapan anggaran diakhir tahun, kata Arif Yudha Himawan

“Sehingga tujuan diadakan rapat evaluasi ini adalah untuk menemukan kesalahan yang lalu dan diperbaiki agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Pengalaman pengelolaan anggaran yang sudah lalu tentunya menjadi point penting agar kita mengetahui relevansi antara penyerapan anggaran yang tinggi dengan output atau program yang dicapai. ” kata Arif kemudian.

Dalam rangka memenuhi target capaian Tahun Anggaran 2021, Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melaksanakan rapat evaluasi dan capaian target penyerapan anggaran dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar serapan anggaran sampai dengan saat ini. Sehingga dapat digunakan sebagai langkah-langkah strategis untuk memenuhi target yang dimaksudkan. (Hari).