Expo Campus Bimbing Siswa Tentukan Perguruan Tinggi

Grobogan – Dalam menjembatani siswa menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi terhadap siswa yang akan lulus sekolah, maka diperlukan suatu wawasan dan pengetahuan tentang Perguruan Tinggi, Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi, Institut, dan Sekolah pada jenjang yang lebih tinggi lainnya. Untuk itu, para alumni MAN 1 Grobogan yang tergabung dalam wadah Ikatan Mahasiswa Alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 Grobogan (IMAMAN) mengadakan kegiatan Expo Campus  2019 yang bertempat di MAN 1 Grobogan, Sabtu (26/01).

Plt. Kepala MAN 1 Grobogan, Ucik Rasulina, saat membuka kegiatan menyampaikan penyelenggaraan Expo Campus sudah menjadi acara tahunan yang digelar alumni MAN 1 Grobogan, dengan tujuan untuk memberikan pandangan kepada siswa MAN terutama kelas XII yang mau lulus.

“Selamat datang para Alumni, dan terima kasih sebesar-besarnya atas kegiatan Expo Campus, dan saya mohon maaf bila dalam penyambutan ini ada yang tidak berkenan,” kata Ucik.

Ucik berpesan kepada siswa kelas X, XI, XII untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, menggali informasi tentang perguruan tinggi kepada kakak alumni, dan dapat mengikuti jejaknya untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan, dan bermimpilah setinggi langit, yang diiringi dengan usaha dan doa.

“Kepada para siswa semua, gunakan kesempatan ini dengan baik, gali informasi seluas-luasnya, dan nantinya dapat mengikuti jejak kakakmu kuliah di jurusan dan perguruan tinggi yang kamu impikan, mimpilah yang tinggi, tapi jangan lupa, iringi mimpimu dengan usaha dan do’a,” pesannya.

Menurut Ketua Panitia Danu Cahyo, guna memberikan pengetahuan kepada siswa menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi diperelukan Kegiatan Expo Campus  2019 yang diprakarsai para Alumni MAN 1 Grobogan yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan tahun 2019 ini merupakan kegiatan kali empat.

“Expo Campus adalah agenda tahunan para alumni, yang sedang kuliah di perguruan tinggi, dan tahun 2019 ini merupakan kali ke empat kegiatan ini dilaksanakan,” kata Danu.

Ditambahkan, Expo Campus 2019 melibatkan delapan belas perguruan tinggi di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur yang mana para alumni sedang kuliah di sana. Diantaranya Undip Semarang, UIN Walisongo, IAIN Surakarta,  UMS, UNNES, Unimus, UPGRIS, UDINUS, Unissula, IAIN Salatiga, IAIN Kudus, USM,  UNS Surakarta, UNESA Surabaya, An Nur Purwodadi, POLINES Semarang, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, UMM Malang.

Lebih lanjut Danu Cahyo mengatakan, kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi antara para alumni dengan pada siswa yang masih aktif di MAN 1 Grobogan, juga bertujuan memberikan wawasan tentang perguruan tinggi, membantu para siswa untuk memantapkan pilihan yang akan ditempuh para siswa setelah lulus, serta memberikan apresiasi kepada para siswa tentang kelanjutannya seteleh lulus dari MAN 1 Grobogan. 

“Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan kepada para siswa tentang perguruan tinggi, membantu memantapkan pilihan seteleh lulus nanti,” jelasnya.

Sedang salah satu siswa, Thoif Maulana saat dikonfirmasi tentang kegiatan ini, menyambut senang dan sangat membatunya untuk memilih dan menentukan perguruan tinggi nantinya.

“Senang dan sangat membantu saya dalam memilih perguruan tinggi nanti,” tukas Thoif.

Expo Campus 2019 dimeriahkan pertunjukan musik, serangkaian game-game yang menarik, pembagian doorpirize, serta stand-stand perguruan tinggi peserta Expo Campus.(mh-bd/gt)