Fajarin: Kita Harus Tetap Taat dan Mematuhi Protokol Kesehatan

Brebes – Wabah virus Covid 19 yang masih menggejala di Negara Indonesia, dan belum sepenuhnya terkendali, masyarakat harus rela mengurangi kenyamanan pribadi guna mewujudkan kemaslahatan bersama. Seperti untuk memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan mambatasi aktifitas sosial yang berdampak pada kerumunan. Hal ini semata untuk kepentingan keselamatan diri dan keselamatan orang lain.

“Wabah COVID-19 yang kita rasakan sampai saat ini merupakan ujian dari Allah SWT, ujian kesabaran dan juga komitmen ketakwaan kepada Allah. Tidak ada satu musibahpun yang terjadi tanpa seizin Allah SWT,” papar Drs. Fajarin, M.PdI, selaku Kepala Kementerian Agama Kab. Brebes saat menerima kunjungan Kepala Badan Kesbangpol, Muhamad Sodiq, Sstp., Msi. dan tim pada Jumat, 21 Mei 2021.

“Kita wajib melakukan ikhtiar mencegah terjadinya penularan wabah COVID-19. Kita wajib menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang dapat menyebabkan terpapar penyakit, karena hal itu merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama. Sampai hari ini, kita semua warga negara Indonesia bahkan dunia masih disibukkan dalam mengatasi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Terkait pencegahan pandemic Covid-19 tersebut, Kepala Kesbangpol bersama tim meminta bantuan kepada jajaran dibawah Kementerian Agama Kab Brebes untuk dapat mensosialisasikan serta menghimbau seluruh masyarakat di wilayah Brebes untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Himbauan dan sosialisasi dapat dilakukan melalui khutbah dalam acara keagamaan seperti dalam Shalat Jum’at.

Tim Kesbangpol yang hadir yaitu Muhamad Sodiq Sstp, Msi, selaku Kepala Badan Kesbangpol, Sunoto, SH, MH (Kabid Kesatuan Bangsa), dan Sofyan Affendy, SH, MH (Kasubid Kewaspadaan & Penanganan Konflik).

“Khotbah Jumat memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu, khutbah juga bisa mengingatkan masyarakat terkait instruksi pemerintah memerangi virus corona. Untuk itu, diharapkan Kepala Kemenag Kab Brebes dapat menghimbau jajaran dibawahnya agar dapat mensosialisasikan protokol kesehatan,” jelas Muhamad Sodiq di sela-sela perbincangan.(DA/Sua)