Farhani : Jumlah Satgas Tidak Sebanding dengan Jumlah Jemaah

Boyolali (inmas) – Sebagai implementasi pasal 11 Undang-Undang nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelengaraan Ibadah Haji mengamanatkan kepada Menteri Agama untuk membentuk Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) baik ditingkat pusat, daerah yang memiliki embarkasi maupun yang ada di Arab Saudi. Selanjutnya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada jemaah haji maka perlu dibentuk Satuan Tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (Satgas PPIH).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani yang sekaligus merupakan Ketua PPIH malam ini mengukuhkan 264 Satgas PPIH Embarkasi Solo Masa Pemberangkatan di Aula Gedung Muzdalifah komplek Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin (25/07). Satgas PPIH ini akan bertugas membantu PPIH dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

Farhani menyampaikan, volume Satgas PPIH Embarkasi Solo Masa Pemberangkatan menurut Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tidak ideal, karena dalam aturan menyebutkan seorang satgas melayani 100 jemaah, jika jumlah jemaah haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Solo sebanyak 34.112 maka seharusnya jumlah satgas idealnya sebanyak 341 orang.

“Embarkasi Solo tahun 2017 ini akan memberangkatkan calon jemaah haji sebanyak 34.112 orang yang merupakan gabungan jemaah haji dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah jemaah tersebut akan dilayani oleh 264 satgas, padahal jumlah idealnya dengan satgas yang seharusnya sebanyak 341, masih terdapat kekurangan sebanyak 77 orang,” urai Farhani saat memberikan pengarahan dalam acara Pengukuhan Satgas PPIH Embarkasi Solo tahun 1438H/ 2017M Masa Pemberangkatan.

Saat ini, pihaknya telah mengajukan usulan penambahan jumlah satgas kepada Menteri Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, diharapkan dengan adanya penambahan satgas sesuai dengan jumlah ideal maka pelayanan kepada jemaah haji akan optimal dan memuaskan.

“Semoga dalam waktu dekat usulan tersebut bisa dipenuhi oleh Kemenag RI, ini semua tidak lain merupakan upaya kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi jemaah haji,” imbuhnya.

Meskipun demikian, dirinya akan tetap memberikan dorongan semangat kepada seluruh Satgas PPIH untuk dapat melaksanakan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji dengan sebaik-baiknya.

“Kita yang sudah tergabung dalam PPIH maupun Satgas PPIH hendaknya memiliki semangat untuk ikhlas melayani, tanamkan pada diri kita masing-masing bahwa memberikan pelayanan kepada jemaah yang terbaik merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, insya Allah kita akan senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan kemudahan dalam melaksanakan tugas,” tegasnya. (gt/gt)