Farhani Yakin SOC Masuk Embarkasi Berkinerja Terbaik

Karanganyar (Inmas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam operasional penyelenggaraan ibadah haji khususnya di Embarkasi/ Debarkasi Solo musim haji 1438H/ 2017M, dimana dengan kinerja maksimal dan total dalam memberikan pelayanan kepada jemaah menghasilkan pelaksanaan yang tertib, aman, lancar, nyaman dan sukses.

Kakanwil meyakini kesuksesan pelaksanaan hajat kolosal di Embarkasi/ Debarkasi Solo dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Jateng-DIY secara umum lebih khusus bagi jemaah haji maupun keluarganya. Hal serupa dirasakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, lembaga legislatif dari berbagai tingkatan, organisasi masyarakat Islam, tim pengawasan haji baik internal maupun eksternal bahkan oleh insan media.

“Pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 di Embarkasi/ Debarkasi Solo dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah dan DIY, disamping turut serta dalam memberikan kontribusi yang baik terhadap naiknya indek kepuasan jemaah secara nasional, kesuksesan ini diharapkan mampu memberikan penilaian yang baik sebagai Embarkasi dengan kinerja terbaik secara nasional pada tahun ini,” tegas Farhani saat memaparkan catatan pelaksanaan ibadah haji di wilayahnya pada kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2017 di Hotel Lor In Karanganyar, Selasa (31/10).

Sebagaimana disampaikan oleh perwakilan Komisi Pengawasan Haji Indonesia (KPHI) yang melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada jemaah baik saat masa pemberangkatan hingga masa pemulangan jemah haji. KPHI tahun ini akan memberikan reward kepada Embarkasi dalam hal pelayanan kepada jemaah haji yang memiliki kinerja terbaik.

Indikator penetapan sebagai Embarkasi yang memiliki kinerja terbaik meliputi ; pelayanan dokumen dan informasi calon jemaah haji (CJH), pelayanan transportasi kepada jemaah mulai dari daerah menuju embarkasi serta sebaliknya dari embarkasi kembali ke daerah, pelayanan akomodasi di dalam embarkasi, pelayanan konsumsi jemaah selama di embarkasi, pelayanan kesehatan jemaah, pelayanan ibadah dan pemantapan petugas dan yang terakhir pelayanan keamanan dan kenyamanan jemaah haji selama di embarkasi.

“Ada 7 poin yang ditetapkan KPHI dalam memberikan penilaian terhadap seluruh embarkasi yang ada di Indonesia untuk dipilih sebagai Embarkasi berkinerja terbaik, dari keseluruhan poin tersebut insya Allah Embarkasi Solo sudah melakukan pelayanan yang maksimal kepada jemaah dan tidak ditemukan kendala-permasalahan yang terjadi baik saat pemberangkatan hingga pemulangan jemaah haji ke daerahnya,” ungkapnya.

Selaku Kakanwil yang juga sebagai Ketua PPIH, Farhani terus meningkatkan jalinan kerja sama yang baik kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini dilakukan semata hanya ingin memberikan pelayanan prima kepada jemaah haji di Jawa Tengah terkait produk layanan yang langsung berhubungan langsung dengan masyarakat.  (gt/gt)