Festival Rebana SMK Perdana Perebutkan Thropy Kakankemenag Kota Semarang

Semarang – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440M/ 2018M SMK Perdana Kota Semarang menggelar Festival Rebana Pertamax. Pagelaran yang sudah ketiga kali dilaksanakan ini memperebutkan thropy Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Lomba diikuti oleh 34 group rebana dari Kota Semarang dan sekitarnya, dibagi dalam 2 kategori, umum dan kategori pelajar SMP/ MTs masing-masing dengan 17 group peserta.

Kakankemenag Kota Semarang Muh Habib membuka kegiatan Minggu (18/11) di aula kampus setempat. Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah dan panitia SMK Perdana atas partisipasinya dalam bidang keagamaan di sekolah umum.

“Kegiatan ini merupakan bukti bahwa kegiatan pendidikan agama Islam di sekolah umum juga diupayakan oleh civitas akademika SMK Perdana. Oleh karenanya kami berterima kasih kepada kepala sekolah dan jajarannya yang turut peduli, memperhatikan dan membantu kegiatan agama di SMK,” kata Habib.

Kepala Kantor menambahkan pendidikan agama Islam di sekolah umum merupakan tupoksi Kementerian Agama, yang salah satu arah kebijakannya adalah memperkuat pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam untuk membina akhlak mulia dan budi pekerti luhur.

“Pelaksanaan Festival Rebana dalam rangka Maulid Nabi SAW ini dapat menginspirasi para siswa untuk mencintai Rasulullah SAW dan menjadikan Rasulullah sebagai teladan hingga para siswa memiliki akhlakul karimah seperti beliau,” ujar Habib.

Habib juga berpesan agar para peserta lomba dan siswa SMK Perdana mengisi waktunya dengan kegiatan positif, jangan terpancing mengikuti kegiatan yang dapat merusak iman, perilaku dan jiwa nasionalisme meskipun dengan dalih agama.

Kepala SMK Perdana Ali Mustofa memaparkan salah satu tujuan kegiatan Festival Rebana adalah menjalin silaturahmi antar lembaga pendidikan baik SMP/MTs dengan SMK Perdana maupun dengan masyarakat umum.

“Kegiatan ini juga melestarikan seni budaya Islami yaitu rebana agar diminati oleh generasi muda,” tambah Ali.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek, Danramil Gayamsari serta pengawas PAI Muhammad Faojin.

Thropy Kakankemenag Kota Semarang diserahkan kepada group rebana, kategori pelajar diraih oleh SMPN 14 Semarang (I), MTs Futuhiyyah Kudu Semarang (II) dan SMP Multazam Semarang (III). Sedangkan kategori umum diraih oleh group rebana Majlis Zikrul Habib,(Juara I), Nurul Kawakib (II), dan Nurul Islam (III) Disamping thropy para juara juga mendapatkan uang pembinaan diserahkan oleh Kepala SMK Perdana Ali Mustofa. (am-ch/gt)