Fisik yang sehat ciptakan iklim kerja yang sehat

Rembang — Ribuan orang tampak berjejal memadati alun-alun kota Rembang pada Minggu pagi (13/12). Mereka tak lain adalah keluarga besar PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Dengan semangat, pukul 06.00 WIB mereka sudah berkumpul di depan panggung yang terletak di sebelah timur alun-alun tersebut, untuk mengikuti jalan sehat.

Diberangkatkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah, peserta pun memulai jalan sehat melewati rute yang telah ditentukan sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

Jalan sehat ini tak lain diadakan oleh KKM MTs se-Kabupaten Rembang guna menyambut Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-70 pada 3 Januari 2016 mendatang. Dalam sambutan pemberangkatannya, Atho’illah berharap jalan sehat ini bisa mempererat silaturahim antar PNS di lingkungan Kemenag Kabupaten Rembang. Pasalnya, PNS turut mengajak keluarganya masing-masing. Selain PNS, jalan sehat ini juga diikuti oleh stakeholder di lingkungan Kemenag, antara lain siswa-siswi madrasah, santriwan-santriwati, tokoh agama, tokoh masyarakat, Badko TPQ, penyuluh, dan lainnya.

Menurut Atho’illah, fisik yang sehat akan menciptakan jiwa yang sehat, dan akan berpengaruh pada iklim kerja yang sehat pula. Sebagaimana pepatah ‘Mensana incorporesano’, jiwa yang sehat terletak pada tubuh yang sehat.

“Ditengah kepenatan dalam menjalankan tugas, jalan sehat seperti ini sangat diperlukan untuk merefreshing kembali otak kita. Kami juga berharap jalan sehat ini bisa mempererat tali silaturahim antar PNS dan keluarganya masing-masing, “ungkap Atho’illah.

Selain olahraga, jalan sehat ini juga sebagai wahana untuk mempublikasikan keberadaan Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat. “Melalui jalan sehat ini, kami ingin mensyiarkan keberadaan Kemenag di tengah masyarakat. Karena pada dasarnya, sebagian besar kegiatan masyarakat berkaitan erat dengan Kementerian Agama,” kata Atho’illah.

Sebagaimana tahun lalu, jalan sehat ini mendapat antusiasme yang besar dari peserta. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi panitia. Kaderi, selaku ketua KKM MTs Kabupaten Rembang mengatakan, sekitar 3000 kupon yang telah disediakan oleh panitia habis.

Beliau juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama para pihak terkait, utamanya pemerintah daerah yang telah memberikan ijin penyelenggaraan acara dan penggunaan lokasi. Selain itu juga kepada Satpol PP dan Satlantas yang telah mengamankan parkir dan menertibkan peserta, serta PMI Rembang yang telah membantu kondisi kesehatan peserta.

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta, beberapa doorprice dari partisipan dibagikan kepada peserta hasil undian kupon. Kania, siswi kelas X dan Rofiul Fatim K, siswi kelas XI dari MA Mualimim Mualimat Rembang merupakan yang beruntung. Masing-masing mendapatkan sebuah sepeda mini dan mesin cuci. Kania berencana akan menggunakan sepeda tersebut untuk bersekolah, Sementara Fatim akan mmepersembahkan hadiah untuk keluarganya. —Shofatus Shodiqoh