FKDT Rapat koordinasi persiapan PORSADIN

Wonosobo(Madrasah-PDPP) Rapat koordinasi persiapan Hubbul Wathon/ pekan olah raga dan seni santri antar Diniyah Takmiliyah (Porsadin) Tk. Propinsi Jateng yang dilaksanakan pada hari kamis, 9 Februari 2017 tempat di Ruang pendopo Wakil Bupati Wonosobo berdasarkan surat Kankemenag kabupaten wonosobo nomor : B-219/KK.11.07/3/PP.00/02/2017

Tanggal 6 Februari 2017, Dihadiri oleh 75 orang yang terdiri dari :

  1. Kasi diniyah Takmiliyah Bidang PD Pontren Kanwil dan staf ( 5 Orang )
  2. Kai PD Pontren Kan Kemenag Kabupaten Wonosobo ( 6 orang )
  3. Bagian Kesra Setda Kabupaten Wonosobo ( 5 Orang )
  4. Pengurus FKDT wilayah Provinsi Jawa Tengah ( 5 orang )
  5. Pengurus FKDT Kabupaten Wonosobo ( 24 Orang )
  6. Pengurus FKDT kecamatan se Kabupaten Wonosobo ( 30 Orang )

Pada rapat persiapan Hubbul Wathon pada sesinya Kanwil Kemenag Prov.Jateng ( Drs.H. Hamid Dimyati / Kasi Diniyah Takmiliyah ) menyampaikan tentang kegiatan Hubbul Wathon / Pekan olah raga dan seni santri antar diniyah takmiliyah ( PORSADIN ) yang sudah menjadi aganda rutin di lingkungan Kementerian Agama. Porsadin ini sudah terlaksana tiga kali yang pertama di Kabupaten semarang, kemudian kabupaten Brebes,Kabupaten Rembang dan tahun ini Kabupaten Wonosobo. Pemda wajib ikut andil dalam memikirkan pendidikan keagamaan di wilayah masing-masing dan pelaksanaan PORSADIN ini. Adapaun pelaksanaan  Porsadin ini anggarannya dari Pemda Kabupaten dan Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Tengah, anggaran tersebut agar dikoordinasikan anrata Pemda dan FKDT Kabupaten agar pelaksanaan Porsadin ini berjalan sukses dan lancar. Sedangkan kasi PD Pontren Kabupaten Wonosobo ( Drs.H.Asrori Zaeni,M.Ag) mengharapkan peran serta PEMDA Kabupaten Wonosobo dalam pagelaran PORSADIN ini.

Dan dari FKDT Provinsi Jawa Tengah ( Khozin,S.Ag) menyampaikan tentang kegiatan PORSADIN tahun ini menunjuk Kabupaten Wonosobo sebagi tuan Rumah, mengenai pembiayaan untuk dimintakan ke Kanwil Provinsi Jawa Tengah dan PEMDA Kabupaten. Serta menghimbau agar kabupaten / kota se Jawa Tengah sudah mulai mempersiapkan dan mulai mmengadakan seleksi menuju pelaksanaan PORSADIN Tingkat Jawa Tengah agar pelaksanaannya berjalan sukses dan lancar. Porsadin telah terlaksana tiga kali yaitu pada tahun 2011 di Kabupaten Semarang pada tahun 2013 di Kabupaten Brebes dan pada tahun 2015 di Kabupaten Rembang. Dalam Kegiatan PORSADIN yang di ikuti oleh para Santri Diniyah  Takmiliyah Se Jawa Tengah.

Cabang lomba yang di perlombakan dalam Kegiatan PORSADIN ini meliputi Cabang Lomba Nasional dan Khas Jawa Tengah adapun lombanya antara lain:

  1. Cabang lomba nasional
  2. Cabang lomba Tanfidh untuk putra dan putri
  3. Cabang lomba pidato bahasa indonesia untuk putra dan putri
  4. Cabang lomba pidato bahasa arab untuk putra dan putri
  5. Cabang lomba cerdas cermat diniyah
  6. Cabang lomba kaligrafi untuk putra dan putri
  7. Cabang lomba murotal Juz’ama untuk putra dan putri
  8. Cabang lomba puisi islami untuk putra dan putri
  9. Atletik untuk putra dan putri
  10. Soccer Futsal

 Cabang lomba khas Jawa Tengah

  1. Musabaqoh kitab untuk putra dan putri
  2. MTQ untuk putra dan putri
  3. Tanfidh Aqidatul ‘awam

Rencana pelaksanaan yang di kabupaten Wonosobo sekitar bulan Juli 2017 antara minggu ke ¾ di akhir bulan Syawal, tempat yang digunakan salah satunya diantaranya komplek Unsiq, komplek Masjid Al Mansur dan komplek Alun-alun Wonosobo.(Ps-Mf)