FKPAI Kecamatan Purbalingga Santuni Anak Yatim

Purbalingga – Dalam rangka memuliakan bulan Muharam 1439 H serta mewujudkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Purbalingga menyelenggarakan kegiatan santunan bagi anak-anak yatim, piatu, dhuafa, penyandang cacat khusus dan mualaf .

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Purbalingga, Yuyu Yuniawati menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan Sabtu (07/10) ini merupakan hasil kerja sama FKPAI Kecamatan Purbalingga dengan Baznas Kabupaten Purbalingga dan Pemerintah Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga. Pemberian santunan dilaksanakan dalam kegiatan Pengajian Umum di Masjid Jami’ Baiturrohim Desa Jatisaba.

“Kegiatan seperti ini sudah rutin dilakukan, sebelumnya di Purbalingga Kidul, Purbalingga Wetan dan Wirasana. Santunan diberikan kepada 85 orang penerima, terdiri dari  anak-anak yatim, piatu dan dhuafa sejumlah 80 orang, penyandang cacat khusus dari desa Jatisaba 5 orang. Total bantuan Rp 12.750.000,00. Sedangkan dari kelompok mualaf ada 3 orang, total bantuannya Rp 9.000.000,00. Jadi keseluruhan dana santunan yang disalurkan berjumlah Rp 21.750.000,00,” ungkap Yuyu.

Yuyu juga menambahkan pemberian bantuan kepada anak yatim dan penyandang cacat diberikan secara simbolis oleh Camat Purbalingga, Raharjo Minulyo. Sedangkan pemberian santunan kepada 3 orang mualaf diberikan oleh Pengurus Baznas Purbalingga, Masyhuri.  Dalam sambutannya, Camat Purbalingga memberikan apresiasi dan menyambut positif  kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

Kegiatan tersebut juga diisi tausiyah sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Sambut Tahun Baru Islam dengan Semangat Hijrah demi Terwujudnya Masyarakat Purbalingga yang Berakhlakul Karimah yang disampaikan oleh Ketua FKPAI Kecamatan Purbalingga, Sudirman dengan materi makna bulan Muharam dan amalan yang dilaksanakan dalam bulan  tersebut. (sar/gt)