FKPAI Polokarto Bersinergi dalam Kegiatan BAKSOS Tebar Salam Ramadhan 1442 H

Sukoharjo – Tebar Salam Ramadhan 1442 H Itulah tema yang diambil oleh Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam FKPAI (Forum Komunikasi penyuluh Agama Islam) Kecamatan Polokarto saat mengadakan kegiatan Bakti Sosial di masjid Baitul Huda Dk. Kuluwan RT 02 RW 01 Ds. Pranan Kecamatan Polokarto pada hari  Rabu 5 Mei 2021.

Pendistribusian yang dilakukan dalam kegiatan Bakti Sosial ini adalah bantuan dari UPZ Kankemang Kab. Sukoharjo yang berupa sembako sebanyak 35 buah, uang tunai untuk lima marbot dan lima  mushaf Al Quran untuk masjid yang ketempatan. Bantuan dari Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PDDMI) Sukoharjo sebanyak 20 dus masker, 130 leaflet Prokes 5M dan 150 Sticker 5M. Bantuan dari BAZNAS Kabupaten Sukoharjo berupa beras 60 kantong @ 5 kg beras. Sedangkan bantuan dari  Pemerintah Desa Pranan berupa sembako 15 buah serta masker dan handsanitazer sebanyak 13 dus untuk 13 masjid se-desa Pranan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Pranan, Kepala KUA Kec. Polokarto, takmir masjid se desa Pranan, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat serta para mustahik penerima bantuan.

 Mahbub Humam Author, selaku Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Polokarto mengatakan bahwa kegiatan Bakti Sosial ini adalah program lanjutan dari Program GPM (Gerakan Peduli Masjid) yang tidak hanya berhenti dengan kegiatan bersih-bersih masjid saja tapi juga melakukan kegiatan yang sifatnya membangun semangat keberpihakan kepada kaum dhuafa.

“Dalam kegiatan ini, kami bersinergi dengan beberapa elemen yaitu UPZ Kankemenag Kab. Sukoharjo, PD. DMI Kab. Sukoharjo, BAZNAS Kab. Sukoharjo dan Pemerintah Desa Pranan. Harapan  kami dengan adanya Bakti Sosial ini adalah.  Pertama, dengan adanya stimulan bantuan masker dan lealflet sosialisasi prokes 5M dari DMI ini, takmir masjid ikut melaksanakan serta mensosialisasikan kepada jamaah masjid dan warga masyarakat untuk melaksanakan Prokes 5M. Kedua, kami berharap upaya kecil kami yang tak seberapa ini, dengan adanya bantuan sembako dan bantuan tunai untuk marbot masjid, bisa membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19 dari sisi ekonomi,“ jelas Mahbub.

Kepala Desa Pranan mengapresiasi kegiatan tersebut,  Sarjanto mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan Bakti Sosial yang diadakan oleh penyuluh Agama Islam Kecamatan Polokarto karena telah mendistribusikan bantuan baik yang berupa masker, lealflet Prokes 5 M, sembako maupun bantunan tunai untuk marbot masjid.

“Kami berpesan kepada calon penerima bantuan khususnya takmir masjid agar ikut mematuhi Prokes 5M sekaligus mensosialisasikannya kepada para jamaah dan berpartisipasi aktif dalam menangkal berita-berita hoaks yang berkaitan dengan kebijakan Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Saya harap di setiap masjid ada petugas atau tim yang memastikan Prokes 5 M dijalankan di masjid tersebut,” pesan Sarjanto.

Kegiatan ini, juga mendapat apresiasi yang tinggi dari Dakhlan selaku Kepala KUA Kecamatan Polokarto. Ia mengatakan kegiatan Bakti Sosial ini adalah satu bentuk kepedulian Penyuluh Agama Islam Polokarto dalam membantu dhuafa yang terdampak pandemi Covid 19. Dakhlan juga berpesan kepada Penyuluh agar selalu menghimbau masyarakat khususnya kepada jamaah kelompok binaannya untuk selalu mematuhi Prokes 5M.  

“Saya mengapresiasi atas kesolidan semua Penyuluh Agama Islam di Polokarto dalam men-setting kegiatan Bakti Sosial ini dari awal sampai terselenggaranya kegiatn Bakti Sosial pada sore hari ini. Saya harap, kegiatan ini bisa berkelanjutan dari tahun ke tahun karena manfaatnya sangat banyak bagi takmir masjid dan para jamaah khususnya para dhuafa,” kata Dakhlan.(mha/djp/rf).