FKUB Klaten Silaturahim dan Serap Pengalaman di Kota Magelang

Klaten-Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Klaten melaksanakan acara Silaturahim dan Serap Pengalaman ke Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Magelang sebagai acara kunjungan balasan pada hari Selasa (21/9) bertempat di Pendopo Pemerintah Kota Magelang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Silaturahim dengan lembaga FKUB Kota Magelang dan Kementerian Agama Kota Magelang dan Kantor Kesbangpol Kabupaten Klaten dalam rangka  penguatan kelembagaan FKUB Kabupaten Klaten melalui tukar informasi mengenai program dan kegiatan serta pendekatan FKUB dalam pelayanan kepada masyarakat.

Silaturahmi dan serap pengalaman FKUB Kabupaten Klaten ke Kota Magelang didampingi Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Klaten dan Kakankemenag Kabupaten Klaten. Kunjungan diterima oleh seluruh pengurus FKUB Kota Magelang  berserta Kemenag Kota Magelang  dan Kantor Kesbangpol setempat.

Walikota Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz dalam sambutannya mengatakan kunjungan balasan silaturahmi ini untuk memperkuat kerukunan dan solidaritas dalam menjaga persatuan dan kesatuan. “Menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk merawat  ketahanan bangsa yang terus dijaga, dirawat, dan dikawal sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing,” ujarnya.

Bahkan menurutnya bukan saja merawat kerukunan itu untuk keselamatan manusia tapi juga untuk keutuhan dan perdamaian bagi seluruh ciptaan Tuhan.

Wali Kota memberikan apresiasi kepada FKUB Kabupaten Klaten ini berkenan silaturahmi di Kota Magelang.  “Kami merasa tersanjung dan mendapatkan kepercayaan menjadi tempat tujuan kunjungan kerja FKUB Kabupaten Klate,” katanya.

Satu hal penting yang disampaikan Ketua FKUB Kota Magelang, Ismudiyono, adalah soal pentingnya moderasi beragama. “Moderasi beragama adalah kunci terciptanya toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” ucap Ismudiyono.

Sementara itu ketua FKUB Kabupaten Klaten menyampaikan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan dan merawat  kerukunan antar umat beragama di masyarakat. “Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB) Kecamatan dan Desa/Kelurahan memiliki peran penting dalam mewujudkan dan merawat kerukunan antar umat beragama di masyarakat,” ujarnya

Selanjutnya, Kakankemenag Klaten, Anif Solikhin mengatakan, menjaga kerukunan merupakan tanggung jawab bersama, kerukunan umat beragama yang sudah kondusif tetap di jaga dipertahankan bersama-sama dalam upaya pembangunan nasional, dan saling menjaga toleransi antar umat beragama.(mi_aj/Sua)