FKUB Kota Tegal Gelar Rakor Pemantapan Kinerja

Tegal – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tegal menggelar rapat koordinasi pemantapan kinerja tahun 2017 dan 2018, Rabu (13/09) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tegal.

Rapat dihadiri seluruh pengurus FKUB, KakanKemenag Kota Tegal, Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Perencana Anggaran, Bagian Keuangan serta Humas Kementerian Agama Kota Tegal selaku Tim Pengendali Kerukunan Umat Beragama.

Dalam kesempatan rapat koordinasi tersebut, KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan mengatakan, tujuan utama dilaksanakannya rapat ini selain memantapkan kinerja tahun 2017 dan 2018, juga untuk menjaga suasana Kota Tegal menjadi daerah yang aman dan kondusif, terjaga antar kelompok masyarakat juga kelompok agama.

Kita hendaknya, saling berbagi informasi guna menyamakan visi dan persepsi  terhadap isu-isu aktual yang terjadi di masyarakat. Kita juga perlu melakukan tindakan nyata untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak kita inginkan supaya selalu terjaga kebersamaan antar kerukunan umat beragama, karena itu diperlukan sikap saling menjaga toleransi antar umat beragama dari pengaruh negatif yang dapat menjurus kepada perpecahan, “ papar Akhmad Farkhan.

Selain itu, Farkhan menambahkan, FKUB adalah sebuah forum yang bisa mempersatukan kerukunan umat beragama, khususnya di Kota Tegal yang selama ini menjadi Kota transit dari daerah lain yang rawan terhadap indikasi radikal.

Dengan kinerja yang baik dalam hal menjaga kerukunan umat beragama serta menjaga kondusifitas daerah yang cukup tinggi yang dilakukan oleh FKUB, akhirnya Kota Tegal mendapat kesempatan sebagai pilot project setelah melalui sebuah penelitihan oleh Litbang Kemenag Pusat, “tambah Farkhan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kasubbag TU, Tohari menyampaikan koreksinya terhadap kinerja FKUB untuk tahun 2017,yang mana permasalah kecil yang dapat menghambat kinerja harus dapat diselesaikan, misalnya mengenai laporan pertanggung jawaban, realisasi anggaran dan memanfaatkan waktu untuk melaksanakan realitas kegiatan.

Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh anggota FKUB, karena selama ini telah bekerja sama dalam memberikan kontribusi yang besar untuk menjembatani kehidupan rukun dan damai antar umat beragama di Kota Tegal, “ucapnya.

Mari kita wujudkan optimalisasi peran dan kinerja FKUB dalam peningkatan toleransi antar umat beragama serta kehidupan masyarakat yang harmonis menuju Kota Tegal yang maju, nyaman, sejahtera dan berbudaya, “tandas Tohari. (IM/rf)