Gandeng PMI, PMR MA Salafiyah Kajen Pati Gelar Donor Darah

Gandeng PMI, PMR MA Salafiyah Kajen Pati Gelar Donor Darah

Pati – Palang Merah Remaja (PMR) MA Salafiyah Kajen Pati bekerjasama dengan PMI kabupaten Pati melaksanakan kegiatan donor darah yang digelar di aula madrasah setempat pada Sabtu (20/11). Kegiatan donor darah yang dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh sekitar 100 pendonor yang berasal dari peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan MA Salafiyah yang telah lolos uji kesehatan.

Kegiatan Donor Darah ini telah menjadi kegiatan rutin tahunan oleh segenap anggota Palang Merah Remaja (PMR) MA Salafiyah. Hanya saja pada masa pandemi kemarin sempat berhenti. Pada saat kondisi berangsur normal dan mengingat jumlah pendonor selama pandemi Covid-19 di PMI Kabupaten Pati menurun drastis, sedangkan kebutuhan darah tetap meningkat menggerakkan mereka untuk mengadakan giat tersebut.

Shifliya selaku ketua PMR Putri MA Salafiyah saat ditemui menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membantu  unit transfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Pati, juga ingin meningkatkan rasa kepedulian sosial bagi para peserta didik MA Salafiyah supaya lebih terdorong untuk berbagi kepada sesama.

“Kegiatan donor darah ini dilaksanakan mengingat mayoritas peserta didik sudah memenuhi usia ideal sebagai pendonor, ditambah dengan bapak/ibu guru juga para tenaga kependidikan yang terbiasa menjadi pendonor. Sehingga diharapkan akan  banyak  para calon pendonor yang lolos pemeriksaan kesehatan yang kemudian dapat mendonorkan darahnya dan bisa mendapatkan darah yang lumayan banyak,” tutur siswi kelas XI ini.

Ditemui secara terpisah pada hari Ahad (21/11), Kepala MA Salafiyah Ulil Albab  sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia merasa bersyukur sebab kegiatan para peserta didik berlahan-lahan sudah bisa kembali aktif dengan tetep memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya akan selalu mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan baik bidang akademik atau non akademik di madrasah ini demi pengembangan diri bagi para peserta didik. Kegiatan rutin donor darah yang dilaksanakan oleh para anggota PMR ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi para anggotanya, namun juga bagi seluruh warga Madrasah dan masyarakat umum,” tuturnya. (as/at)