Gandeng Walimurid, MIMAU Siap Sukseskan PAS 2021/2022

Banjarnegara – Sudah menjadi agenda rutin di MI Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo disetiap menjelang pelaksanaan PAS (Penilaian Akhir Semester) mengadakan pertemuan walimurid. Kali ini untuk pertemuan tersebut kita jadwalkan selama lima hari dimulai Jum’at sampai dengan Selasa (12-16/11) setelah para guru usai mengajar kelasnya. Tujuan kegiatan ini disamping menjalin silaturahmi juga untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan Tips Sukses PAS.

Mengingat kegiatan madrasah saat ini yang cukup padat, Setiap hari kami agendakan pertemuannya satu kelas. Rapat Koordinasi Persiapan PAS ini dilaksanakan di ruang kelas masing – masing dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh kepala madrasah dengan melihat agenda dinas luar guru yang sedang KKG-PKB (Kelompok Kerja Guru) pada Program Keprofesian Berkelanjutan di kecamatan Banjarnegara.

Empat hari ini telah berjalan pertemuan wali murid Kelas IA, IB, IIA dan IIB serta Kelas V. Dalam setiap pertemuan diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan dari kepala madrasah dilanjutkan doa dan acara inti adalah persiapan PAS yang disampaikan oleh walikelas masing – masing. Materi yang disampaikan semua kelas sama yaitu mengenai Laporan Perkembangan peserta didik baik secara akademik maupun non akademik selanjutnya Tips sukses menghadapi PAS.

“Pelaksanaan PAS sebentar lagi dilaksanakan, ini tentu butuh persiapan terutama dalam kita membimbing putra putri kita yang membutuhkan Kerjasama yang baik. Karena keberhasilan siswa ditentukan oleh siswa itu sendiri, guru, orang tua dan lingkungan sekitar. Jadi semua elemen tersebut sangat menentukan prestasi belajar siswa” jelas Wahyul pada sambutan dan pemberian motivasi walimurid. (15/11)

Acara inti pada pertemuan walimurid ini adalah penyampaian Laporan perkembangan peserta didik. Guru menyampaikan hasil belajar / nilai pada Penilaian Tengah Semester, serta karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik diantaranya kejujuran, kedisiplinan, kemandirian, tanggungjawab, dll yang kesemuanya itu termasuk 18 Nilai – nilai dalam Pendidikan Karakter. Siswa yang berkarakter erat hubungannya dengan prestasi yang dicapai.

Selanjutnya guru – guru menyampaikan kiat – kiat menghadapi PAS. Salah satu guru kelas di MIMAU, Nurul Khikmah membagikan Tips menghadapi PAS diantaranya dengan menjaga Kesehatan, mengatur waktu belajar, belajar dengan tekun, sering berlatih soal, mempelajari kisi – kisi dan Doa yang tidak boleh ditinggalkan.

Dengan pertemuan walimurid ini diharapkan disamping ada kedekatan secara emosional juga mengajak kerjasama dirumah agar orang tua selalu membimbing dan mendampingi putra – putrinya belajar dirumah. Selain itu dalam pertemuan ini terjadi komunikasi aktif dan diskusi tentang kemajuan madrasah. Dibuktikan pada kelas II contohnya yang kompak dan ikhlas untuk bersama – sama membantu perbaikan kamar mandi lantai 3 sebelah kelasnya tanpa dari madrasah memintanya.

“Saya sebagai koordinator kelas II merasa terharu akan kekompakan dan niat baik walimurid, ketika rapat melihat kamar mandi yang pintunya rusak sementara madrasah belum sempat memperbaiki walaupun sudah diagendakan, namun mereka inisitaif dan respon. Alhamdulillah sepulang rapat terkumpul dana untuk membantu perbaikan kamar mandi tersebut, semoga jadi amal jariyah,” tutur Fitri ketua paguyuban walimurid kelas II. (wk/ak/rf)