Gedung KUA Sidareja Siap Lelang Menuju Pembangunan Melalui SBSN

Cilacap – Proses pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidareja telah melalui proses lelang bangunan. Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya petugas penaksir bangunan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto, Kamis (4/10).

Kakankemenag Kabupaten Cilacap melalui Kasubbag Tata Usaha, Jasmin, mengatakan bahwa, pembangunan KUA Sidareja merupakan program tahun 2019. Sebagaimana pembangunan gedung KUA lainnya, Sidareja termasuk dalam pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Penghapusan gedung merupakan tahapan penting yang harus segera diselesaikan. Alhamdulillah pembangunan KUA Sidareja masuk proses penghapusan dan segera dilelang. Semoga prosesnya cepat dan lancar dengan mendapatkan pemenang lelang gedung yang baik. Sehingga tidak lama kemudian proses pembongkaran dilaksanakan. Untuk kemudian masuk tahap selanjutnya dengan lelang pembangunan,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, kegiatan layanan nikah merupakan hal yang sangat vital. Karenanya, pemerintah dalam hal ini Kemenag harus menyediakan tempat yang representatif. Sebagaimana diketahui bersama, gedung KUA Sidareja rusak berat akibat terkena ledakan beberapa tahun lalu.

Setelah peristiwa tersebut, gedung KUA rusak total dan tidak bisa digunakan untuk layanan. Dia bersyukur atas kebaikan dari Camat Sidareja yang memberikan tempat sementara untuk layanan. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan pernikahan dapat dipenuhi. Untuk melaksanakan kegiatan layanan selanjutnya, KUA Sidareja menempati rumah yang disewa dari penduduk setempat hingga pembangunan gedung yang baru selesai.

Di samping kabar buruk karena KUA rusak, ternyata salah satu peristiwa yang ikut menggemparkan jagad Indonesia langsung mendapat perhatian dari Kemenag Pusat. KUA Sidareja kemudian masuk dalam target pembangunan yang mendesak. Selain KUA Sidareja, sasaran kegiatan pembagunan juga merambah kepada KUA lainnya yang kondisinya sudah memperihatinkan. Karenanya, dia bersyukur Allah masih meberi jalan menuju perbaikan meskipun melalui peristiwa yang mengagetkan,pungkasnya. (On/bd)