Guru PAI Akan Bentuk AGPAII Kota Surakarta

Surakarta – Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pembentukan pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia ( AGPAII) Kota Surakarta yang dihadiri oleh pengawas Pendidikan Agama Islam dan pengurus  Forum Komunikasi Guru (FKG) PAI Kota Surakarta di ruang seksi Pakis Kemenag Kota Surakarta, Selasa ( 26/2 ).

Kasi Pakis Kemenag Kota Surakarta Zarkasi  menyampaikan bahwa AGPAII sudah dibentuk di tinggkat pusat dan sudah berbadan hukum. “Melalui AGPAII ini semua guru PAI dapat menyampaikan aspirasi,usul maupun saran sehingga suara guru PAI akan diperhatikan,” tutur Zarkasi.

Pada intinya AGPAII hampir sama dengan FKG PAI, cuma diharapkan guru-guru PAI bisa memiliki wadah yang linier karena sudah berbadan hukum. Namun bukan berarti FKG PAI bisa  diganti dengan AGPAII. tegasnya

“Ketika membentuk AGPAII Kota nanti mohon diperhatikan AD/ART nya dan diupayakan yang hadir beberapa komponen/personel wakil di bidangnya masing-masing,” saran Zarkasi.

Zarkasi meminta agar tiap-tiap KKG dan MGMP membuat  formulasi yang memadai dan mengkomunikasikan dari mana legalitasnya nanti apakah dari AGPAII Pusat atau dari kantor Kemenag.Tetapi sebelumnya perlu disepakati pembuatan AD/ART AGPAII Kota Surakarta yang akan dibentuk.

“Rincian pengurus dengan seksi-seksi apa saja disesuaikan dengan kebutuhan Kota Surakarta untuk dibahas di sini,”pinta Zarkasi.

Ketua kelompok kerja pengawas ( Kapokjawas ) Kemenag Kota Surakarta Siti Nursiyam meminta kepada tiap-tiap KKG wilayah kecamatan masing-masing untuk mengajukan 10 nama anggotanya yang akan diajukan menjadi pengurus AGPAII Kota Surakarta.

“Penunjukan pengurus AGPAII nantinya oleh tim formatur secara tertutup dengan pengurus terpilih bisa dari personil formatur atau nominasi dari luar itu,” ucap Nursiyam.

Sesuai arahan dari Kasi Pakis bahwa 2 kandidat dari KKG dan MGMP akan ditunjuk oleh pengawas masing – masing.

Mohammad Arif, Ketua FKG PAI Kota Surakarta menyampaikan beberapa kesepakatan  bahwa formatur akan menunjuk dan mengesahkan pengurus dimana formatur berasal dari KKG dan MGMP yang berjumlah 17 orang yang diketua oleh Sugeng dari KKG Kecamatan Laweyan.Adapun pelantikan pengurus direncanakan pada minggu ke 3 bulan Maret bertempat di Kemenag Kota Surakarta. (miyati-rma/bd)