UPZ Salurkan Rp. 106 Juta Lebih Untuk Fakir Miskin Yang Terdampak PPKM Darurat Dalam Kegiatan Gerakan Nasional Penyuluh Agama Islam Peduli Umat

* Ketua UPZ Kemenag Kab. Batang Hj. Mahmudah secara simbolik menyerahkan 607 Paket Sembako pada Ketua Pokjaluh untuk dibagikan pada Fakir Miskin

Batang – Sebagai bentuk kepedulian pada fakir miskin yang terdampak oleh PPKM Darurat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kabupaten Batang membagikan bingkisan sembako pada senin, (19/07) kemaren serentak diseluruh Kecamatan di kabupaten Batang. Penyuluh Agama Islam bergerak membagikan bingkisan itu dari rumah ke rumah.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M Aqsho dalam keterangannya mengatakan bahwa ditengah Pandemi  Corona 19 yang belum mereda, dia mengajak untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT.

“ Dimasa pandemi ini saya mengajak untuk meningkatkan  kedermananan sosial dengan semangat berbagi dan rela berkorban untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak Covid 19,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya melalui Unit Pengupul Zakat (UPZ) kali ini dapat membantu para fakir miskin yang terdampak covid, sebagaimana beberapa kali telah dilakukan pada waktu yang lalu .

“ Alhamdulillah Kementerian Agama Kab. Batang, melalui UPZ bisa berbagi kembali seperti waktu – waktu yang lalu dan mensuport  gerakan nasional Penyuluh agama Islam peduli umat , semoga kegiatan ini  menyehatkan, meyelamatkan  dan menjadi berkah bagi kita semuanya,” tegasnya.

Sementara itu ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kab. Batang Hj. Mahmudah dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya kali ini bersinergi dengan para Penyuluh Agama Islam membagikan 607 paket sembako yang langsung dibagikan secara serentak diseluruh Kabupaten Batang.

“ UPZ menyiapkan anggaran sebesar Rp. 106.550.000 untuk dibelanjakan sembako yang dibungkus menjadi 607 paket langsung dibagikan kepada fakir miskin yang terdampak oleh PPKM darurat di wilayah kabupaten Batang,” jelas Hj. Mahmudah.

Dia juga menjelesakan bahwa kebijakaan itu diambil setelah melalui rapat UPZ bersama para pejabat di Kemenag Kab. Batang, menurutnya sedikit yang UPZ berikan untuk fakir miskin ini adalah sebuah bentuk empati dari Kemenag pada masyarakat.

“ Bantuan UPZ ini merupakan hasil keputusan yang diambil oleh pengurus UPZ bersama para pejabat Kemenag, dimana kita melihat betapa pedihnya para fakir miskin yang terdampak oleh PPKM darurat kali ini, maka kita bersinergi dengan para Penyuluh Agama Islam yang telah memiliki program kepedulian pada masyarakat, maka UPZ segera mengeluarkan bantuan untuk dapat langsung ditasyarufkan,”katanya.

Secara terpisah Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Batang Hj. Almukaromah mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih atas suport dari Bapak. Ka.kankemenag kab. Batang , dan ibu ketua UPZ beserta jajaran pengurusnya, para muzakki upz kemenag atas kepercayaannya untuk membagikan bingkisan itu pada fakir miskin.

“ Pokjaluh menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Kepala Kantor Kemenag dan Ketua UPZ untuk mentasyarufkan bantuan paket sembako ini, para penyuluh akan segera bergerak rumah kerumah pada fakir miskin yang berhak menerima,” tegas Hj. Alkaromah.

Dia juga menyampaikan rasa terimakasih pada para Kepala KUA Kecamatan dan seluruh Penyuluh Agama Islam yang bersatu padu dalam satu komando untuk melaksanakan amanat dari UPZ itu.

“ Kami sampaikan terimakasih juga pada seluruh Kepala KUA Kecamatan dan para Penyuluh Agama Islam diseluruh Kabupaten Batang yang telah bergerak bersatu padu melaksanakan amanat dari UPZ dalam pentasyarufan bantuan paket sembako itu, semoga semua paket itu dapat diterima oleh fakir miskin, dan upaya ini akan menjadi sebuah iktiyar bersama dan menjadi Daful Balak, sehingga pandemi di bumi Indonesia segera berlalu” pungkasnya. (Zy)