Gurunya Guru, Memoar Sang Kepala Madrasah

Kab.Pekalongan – “Gurunya Guru” Memoar Sang Kepala Madrasah ISBN (978-623–7995-28-9) karya H. Kelik Listiono, Guru MAN Pekalongan diserahkan pada puncak kegiatan Purna Tugas H. Bukhori pada Rabu, 3 Juni 2021 di aula MAN Pekalongan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

H. Kelik Listiono, menyatakan buku ini tidak bermaksud mengkultuskan seseorang. 

“Buku ini merupakan catatan kecil dan pengamatan saya tentang sosok H. Bukhori, yang menerapkan manajemen One Heart dan strategi prestasi MAN Pekalongan dari yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.” ungkap H. Kelik Listiono, selaku penulis buku tersebut.

Sementara itu H. Abdurrahman Masud, Guru Besar UIN Walisongo menyampaikan H. Bukhori merupakan profil pemimpin yang bertanggungjawab, fokus meningkatkan kualitas pendidikan dan memiliki sense of belonging, sense of responsibility. 

“Beliau juga dikenal dekat dengan Romo Habib Lutfi  yang membawa dampak model kepemimpinan lebih mencerahkan, spiritual-intelektual, kesahihan ritual dan sosial.” ujarnya.

H. Kasiman Mahmud Desky Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan pun menyampaikan bahwa melalui ikhtiar dhohir dan batin sosok H. Bukhori telah membuahkan hasil yang luar biasa. 

“Prestasi diperoleh dengan kerja keras dan pendampingan ikhtiar batin (doa dan riyadhoh).”kata Kakankemenag.

Sumber penulisan buku ini diantaranya adalah dari catatan harian penulis, interview rekan sejawat dan keluarga, testimoni, Al Quran, Hadis, Qaul Ulama dan Dokumen madrasah.(CNA/Ant/bd).