HAB Kemenag : mari kita menjadi penebar perdamaian

Purwokerto -Rangkaian demi rangkaian kegiatan menyambut dan memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 telah sukses dilaksanakan di Kankemenag Kabupaten Banyumas. Mulai dari perlombaan dan pertandingan baik cabang olahraga dan keagamaan maupun pelaksanaan gerak jalan santai baik yang sudah maupun yang belum terlaksana.

Bisa dikatakan hari ini adalah puncak kegiatan dalam rangka perayaan HAB ke-72, yaitu Upacara Peringatan HAB ke-72 dilanjutkan dengan tasyakuran yang dilaksanakan di lapangan MAN 2 Purwokerto dengan Inpektur Upacara Plt Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas, Akhsin Aedi.

Upacara diikuti oleh sesepuh atau eks Kepala Kankemenag yang purna tugas, para pejabat struktural maupun fungsional Kankemenag, para Pengawas Pendidikan Agama Islam, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam, pengurus KBIH, para ASN dan guru, Dharma Wanita Perwanida, serta Siswa Siswi Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah. Upacara HAB dimeriahkan dengan atraksi Polisi Cilik dari siswa siswi MIN 3 Banyumas.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan tasyakuran bertempat di Aula MAN 2 Purwokerto. Dalam sambutannya saat tasyakuran, Akhsin mengajak segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag dan semua yang hadir untuk bisa berperan sebagai duta penebar kedamaian, hal ini sejalan dengan tema HAB ke-72 yaitu “Tebarkan Kedamaian”.

"Mudah-mudahan dengan tasyakuran ini kita bisa menjalin silaturahmi dan semuanya bisa menjadi duta penebar kedamaian," harapnya.

Lebih lanjut AKhsin menyampaikan beberapa prestasi yang diraih oleh Kankemenag Kabupaten Banyumas maupun satker madrasah selama tahun 2017, diantaranya meningkatnya indeks kepuasan dalam penyelenggaraan haji menjadi 85,84%, kedua yaitu juara nasional badminton ajang Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) atas nama Ardani Rahmawati, juara MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah atas nama Rizqi Hartanto, Juara 1 Pramuka Siaga Garuda Kwarda Jateng atas nama Muhammad Rafi Dimas Satria, Juara 1 Pencak Silat Tapak Suci Piala Menpora diraih oleh tim beregu MIM Kramat, Juara 1 Polisi Cilik diraih oleh MIN 3 Banyumas, juara Guru Berprestasi atas nama Duryatmi, Juara 2 KSM tingkat propinsi atas nama Sri Mulyani, juara pidato pentas PAIS tingkat propinsi atas nama Fania SMP Al Irsyad, juara lomba pidato anti korupsi MIMA Diponegoro 3, dan beberapa kejuaraan lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

"Mari kita bekerja secara professional dengan niat ibadah untuk melayani masyarakat dengan penuh amanah dan, keikhlasan dengan berpedoman pada lima nilai budaya kerja, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan," ajak Akhsin.

Lebih lanjut, Beliau menyampaikan bahwa zona integritas tidak hanya untuk sekedar mengejar remunerasi tapi memang sudah menjadi kebutuhan institusi, Kankemenag perlu melengkapi segala kebutuhan dalam mewujudkan suatu birokrasi yang baik, untuk mewujudkan wilayah yang benar-benar bebas korupsi termasuk juga birokrasi yang bersih dan melayani.

Setelah sambutan dari Plt Kepala Kemenag, acara dilanjutkan dengan tausiyah dari KH Attabiq Yusuf Zudhi, beliau menyampaikan selamat kepada keluarga besar Kemenag atas peringatan HAB ke-72. Attabiq Yusuf Zuhdi adalah eks Kepala Kemenag pada periode tahun 2003-2006. Pengasuh pondok pesantren Roudlotul Qur’an ini berpesan bahwa para pejabat Kankemenag harus tetap belajar dan melengkapi dengan ilmu agama.

Di ujung acara tasyakuran, diselingi dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Pencanganan Pembangunan ZI itu ditandai secara simbolik dengan penandatanganan pakta integritas oleh segenap Pejabat Struktural dan Fungsional, para Kepala Madrasah Negeri, dan Kepala KUA.(hk)