Hadiah Terindah Dihari Pahlawan

SUKOHARJO – Soffi dan Afa panggilan akrab dari Soffi Nur Afifah dan Auna Fadhil Ramadhan, dua siswa/siswi MIN 5 Sukoharjo  baru saja mengharumkan nama Madrasah dalam lomba MTQ Pelajar tingkat SD/MI yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, Sabtu 10 Nopember 2018 di Aula KPRI IPA.  Keduanya berhasil menjadi juara I setelah menyisihkan para pesaingnya dari perwakian 12 (dua belas) kecamatan  se Kabupaten Sukoharjo. Soffi adalah siswa kelas VIa (enam) dan Afa adalah siswa kelas IVa.

Soffi bisa dibilang lebih senior dari Afa, karena menggeluti dunia Tilawah sejak dia duduk di kelas II. Di bawah bimbingan Zain Annas Muthmainah Guru Madrasah sekaligus Pembina Tilawah di MIN 5 Sukoharjo, mereka selalu berlatih setiap hari. Latihan dilakukan pada jam Tahfidz dan setiap hari sabtu pada jam pengembangan diri.

Sofi adalah anak dari sudarno (Alm) dan Sutarmi  yang lahir 12 tahun Silam di wilayah Kabupaten Klaten. Berbagai prestasi sudah sering diraihnya. Meskipun Dia sering berprestasi namun Dia selalu rendah hati dan supel dalam bergaul dengan teman-temanya. Selain berprestasi dalam tilawah Sofi juga mampu berprestasi di kelasnya. Karena Dia selalu bisa membagi waktu kapan untuk berlatih dan kapan untuk belajar. Meskipun masih duduk di kelas VI (dia) Soffi telah dipercaya sebagai pelatih Tilawah di  SMP Negeri I Weru. Dalam kesibukannya sebagai pelatih dan belajar Soffi juga sering menerima Job untuk tilawah di berbagai acara, baik di pengajian sampai pada acara hajatan. Karena prestasinya Soffi dipercaya sebagai Duta Lomba MTQ Pelajar tingkat Propinsi Jawa Tengah yang akan digelar tanggal, 12-15 Nopember 2018. di Kebumen.

Di sisi lain, Afa bisa dibilang lebih Junior dari Sofi. Karena  terjun ke dunia tilawah baru satu tahun terakhir. Namun Afa mampu menunjukkan  prestasi  yang bagus. Ini adalah prestasi yang pertama untuk Afa.  Anak kelahiran 14 September 2008 ini  merupakan  pasangan dari Masiran dan  Anik Endang Suciati yang beralamatkan di Watukelir. Selain menggeluti dunia tilawah Afa juga senang dengan  dunia Tarik suara. Namun prestasi yang dia raih belum sebagus pada tilawah. Afa pernah mengikuti loba menyanyi dan berhasil menjadi juara 2 (dua) di tingkat kecamatan Weru.

Widodo selaku Kepala Madrasah  memberikan arahan  di ruangannya, sebelum mereka berdua berangkat lomba, yang didampingi oleh Guru MIN 5 Sukoharjo, Irsam Nasirin dan  Zain Annas Muthmainah.  Widodo mengatakan bahwa perlombaan adalah merupakan ajang untuk mengukur kemampuan dan pembinaan yang selama ini telah dilakukan madrasah kepada anak didiknya. Perlombaan adalah merupakan tempat menguji mental para pesertanya. Semakin banyak mengikuti perlombaan, akan semakin matang mental anak didiknya. Selain memberikan arahan Widodo juga berpesan agar Soffi dan Afa tampil  dengan semangat tinggi sehingga akan memperoleh hasil yang  maksimal. “Jangan mudah puas dengan hasil yang kita peroleh. Apapun hasilnya jangan berhenti untuk berlatih” Kata Widodo mengakhiri arahnnya. (Wied/Djp/bd).