Hadir Di Kampus UNUGHA, Bimwin Disambut Antusias Oleh Mahasiswa

Cilacap – Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) untuk kali pertama merambah kalangan remaja usia pra nikah. Kali ini, kegiatan menyasar mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Imam Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Kegiatan digelar selama dua hari, (16-17/11) sebanyak dua angkatan dengan jumlah peserta masing-masing 55.

Sesuatu yang tidak biasanya terjadi, dari kuota dua angkatan yang berjumlah 110, peserta membludak hingga 125. Karena keterbatasan ruang, terpaksa banyak mahasiswa yang belum bisa mengikuti Bimwin tahap I dan II. Atas realita tersebut, pihak kampus mengusulkan agar ke depan Bimwin dapat digelar lebih dari dua angkatan tiap tahunnya. Sehingga seluruh mahasiswa usia pra nikah bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti Bimwin.

Rektor UNUGHA melalui Kepala Program Pendidikan Akhwalus Sahsiyah, Misbahus Surur, menyambut gembira atas kehadiran Bimwin di kampusnya. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kemenag atas sumbangsihnya dalam memberikan pembekalan kepada para mahasiswanya.

Menurutnya, Bimwin sangat sesuai dengan tujuan program Fakultas Syariah. Membangun keutuhan keluarga merupakan tujuan yang sangat mulia. Hal ini karena keluarga merupakan pondasi dasar yang menjadi modal utama pembangunan di segala bidang kehidupan. Saking penting dan strategisnya peran keluarga terhadap ketahanan bangsa dan negara, menjadikan Bimwin sebagai program Kemenag yang harus terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Kami berharap, Bimwin di kampus kami bukan merupakan program yang pertama sekaligus yang terkahir, melainkan akan berkesinambungan dan menjadi program tetap tiap tahunnya. Dengan begitu Bimwin akan bisa menambah nilai plus baik bagi mahasiswa maupun lembaga,”Ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya akan selalu siap untuk bekerja sama dalam melaksanakan Bimwin. Bahkan tidak menutup kemungkinan, kegiatan Bimwin akan dituangkan melalui Memorandum of Understanding (MoU). Dengan begitu, pelaksanaan Bimwin diharapkan akan lebih memiliki aura dan daya gedor yang lebih kuat.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kakankemenag, Imam Tobroni, mengatakan bahwa, pihaknya akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Tidak menutup kemungkinan, ke depan Bimwin akan menjadi kegiatan bersama yang menjadi unggulan dengan berbagai lembaga seperti kampus maupun organisasi lainnya. Dengan begitu, sasaran Bimwin akan semakin luas sehingga mampu menambah percepatan perwujudan keluarga samawa, pungkasnya. (On/bd)