Milad Ke 50 MAN 1 Surakarta Gelar Jalan Santai

Surakarta – Meriah, inilah satu kata yang bisa mewakili kegiatan jalan santai dalam rangka milad ke 50 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, Ahad (27/08).

Acara yang menjadi puncak dari rangkaian kegiatan milad ini, diikuti oleh seluruh civitas akademika MAN 1 Surakarta.

Acara ini menjadi istimewa karena Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, yang di dampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Muslim Umar dan plt kepala MAN 1 Surakarta, hadir dan mengibarkan bendera start.

Menurut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Sri Mulyono, dalam kegiatan kali ini juga diadakan acara reuni lintas angkatan MAN 1 Surakarta.

“Hari ini banyak alumni MAN 1 Surakarta yang hadir, dari berbagai angkatan sejak tahun 1967 hingga yang terakhir,” kata Sri disela-sela acara.

Diantara alumni yang hadir adalah Habiburrahman el Shirazy, penulis novel fenomenal “Ayat-ayat Cinta”. Juga hadir Sangidu, alumni MAN 1 Surakarta yang sekarang menjadi guru besar di UGM dan Andar Nubowo dosen UIN Jakarta dan lainnya.

Selain itu, semakin semarak dengan kehadiran para mantan kepala MAN 1 Surakarta, antara lain Yazid, pencetus program keagamaan, Agus Hadi Susanto, pencetus program Boarding School, dan juga Hariyadi Purwanto.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiono, momen ini merupakan saat yang membahagiakan, khususnya civitas akademika MAN 1 Surakarta.

“50 tahun yang lalu, tepatnya 21 Juli 1967, lahirlah lembaga pendidikan yang berikhtiar untuk mencetak generasi yang islami dan berprestasi,” kata Budiono.

“Alhamdulillah sudah banyak alumni yang berkiprah di berbagai bidang profesi, ikut berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia. Karena itulah, tema yang diangkat dalam milad kali ini adalah MAN 1 Surakarta berkontribusi untuk negeri,” imbuh Budiono.

Dalam acara ini diselingi dengan beberapa penampilan. Salah satunya dari Habiburrahman yang membacakan puisi. (ma1-rma/wul)