Halal Bihalal DWP Kemenag Secara Daring

Brebes – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota DWP Kementerian Agama RI, maka Kementerian Agama melalui DWP melaksanakanh Acara Halal Bi Halal Nasional 1442 H, acara ini bertemakan “Mempererat Silaturahmi dalam Kebersamaan dan Keberagaman” yang dilaksanakan pada Senin, (7/5) secara daring melalui platform Zoom.

Dalam acara tersebut, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI, Eny Retno Yaqut menegaskan bahwa moderasi beragama menjadi tugas semua pihak, termasuk DWP. Hal ini penting untuk mengelola keberagaman yang ada di Indonesia demi persatuan nasional dan kemajuan bangsa.

Moderasi beragama merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama. Program ini diprioritaskan dengan dasar bahwa masyarakat Indonesia sangat multikultural dari unsur suku, etnis, agama, bahasa, budaya. Selain itu, secara geografis Indoesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

“Sehingga, hal ini menjadi landasan yang kuat bagi pemerintah dalam mengembangkan program-program strategis moderasi beragama dan kerukunan umat beragama dalam konteks keindonesiaan,” ujar Eny Retno Yaqut.

Eny mengungkapkan, akhir-akhir ini semakin marak tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di banyak negara di dunia. Tindakan itu dibungkus dalam hegemoni dan identitas; baik itu identitas agama, budaya, kelompok, suku, ras.

Hadir sebagai penceramah, KH Bahaudin Nur Salim (Gus Baha) menyampaikan tausiah dari aula Ponpes Lembaga Pembinaan Pendidikan dan Pengamalan ilmu Al-Qur'an (LP3iA), Desa Narukan, Kecamatan  Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Beliau menyampaikan bahwa hidup berdampingan dengan keberagaman adalah situasi yang sudah ada sejak dahulu. Untuk bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat yang beragam ini, harus ada sikap saling memaafkan.

DWP Kementerian Agama Kab. Brebes juga menjadi salah satu peserta yang mengikuti kegiatan halal bihalal tersebut. Tampak hadir Kepala DWP Kankemenag Kab Brebes, Ny. Umi Fajarin di damping oleh pengurus DWP Kankemenag Kab Brebes memakai gamis putih-putih memerhatikan jalannya kegiatan tersebut.

“Meskipun kegiatan halal bihalal ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak menyurutkan semangat rekan-rekan yang hadir untuk bersilahturahmi dengan rekan-rekan dari DWP Kemenag yang lain. Semoga semangat ini akan terus membara di hati kit semua.” papar Umi Fajarin dengan diaminkan oleh seluruh peserta yang lain.(DA/Sua)