Hari ini, CJH Banyumas mulai mengurus paspor

Banyumas – Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Cilacap mulai melayani pembuatan paspor untuk calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Banyumas (23/03),Sebelumnya, sebanyak 838 berkas pemohon paspor jamaah haji dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas telah diterima oleh pihak Imigrasi untuk dilakukan proses verifikasi.

Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Cilacap nampak  siap melayani para calon jemaah haji untuk pembuatan paspor, hal ini terlihat dari kesigapan petugas Kantor Imigrasi yang bekerjasama dengan petugas dari Kemenag. Nampaknya sejak jauh hari pihak Kantor Imigrasi Cilacap berkoordinasi dengan Kemenag telah menjadwal pembuatan paspor untuk CJH itu, agar tidak menganggu pelayanan umum pemohon paspor lainnya.

“Rencananya, akan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai selesai,” terang Amirudin, Rabu (22/3). Kenyataannya, pelayanan paspor calon Jemaah haji sudah bisa dimulakan jam 9.30an sehingga pelayanan lebih cepat. Kantor imigrasi Cilacap juga tanggap dengan menyediakan minuman teh ataupun kopi khusus bagi calon jemaah haji supaya merasa nyaman saat menunggu antrian.

Menurut Amirudin, proses perekaman data, foto sampai wawancara akan dilakukan secara bertahap. Rencananya, sesi pemohon untuk calon jemaah haji akan dibatasi setiap harinya sampai 155 orang.

 “Dari 1092 CJH, yang sudah mempunyai paspor sebanyak 131, sisanya akan dibuatkan paspor baru dan sudah terkumpul 838 berkas. Yang berangkat hari ini merupakan pemohon paspor tahap 1, sisa yang belum lengkap akan dikelompokkan lagi untuk tahap 2. Kalau estimasinya untuk tahap 1 diperkirakan akan membutuhkan waktu selama 5 hari kerja,” imbuh Amirudin.

Para calon Jemaah haji yang mengurus paspor tahap 1 dibagi dibagi menjadi  5 rombongan, setiap rombongan per harinya dibagi ke dalam bus-bus yang keberangkatannya diatur supaya tidak menumpuk di kantor imigrasi. Bus berangkat paling awal jam 7 pagi sehingga calon Jemaah haji dihimbau supaya sudah bersiap-siap di Kantor Kemenag dari jam 6.

Proses pembuatan paspor secara umum berjalan lancar walau ada sedikit rintangan yaitu satu bus sempat ganti ban akibat bocor. (hk/bd)