Hari Pertama UN MTsN Kedu Berjalan Lancar dan Dikunjungi Tim Monitoring Kanwil

Temanggung – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat MTs sederajat di Kabupaten Temanggung serentak mulai hari  Selasa  (2/5), berjalan lancar dan kondusif. Dan pada hari pertama tersebut MTsN Kedu di kunjungi Tim Monitoring dari Kanwil Kemenag Provinsi. Jawa Tengah.

Dalam penyambutan Tim Monitoring dari Kanwil, Kepala Sekolah MTsN Kedu, Khaerun mengatakan, “Hari pertama pelaksanaan UN alhamdulillah lancar sesuai dengan prosedur, semua soal juga terdistribusi dengan lancar dan tak ada yang cacat saat diterima,” kata  Khaerun.  Pihak sekolah melakukan pengamanan naskah soal UN dengan melakukan piket. Siswa yang mengikuti UN di MTsN Kedu berjumlah 211 siswa dengan rincian 124 Laki-laki dan 87 Perempuan, dan seluruh siswa hadir mengikuti UN.  Seperti sekolah umum, UN bukanlah penentu kelulusan di MTs, namun nilai hasil UN akan menjadi kriteria penerimaan di jenjang pendidikan selanjutnya.

Bidang studi Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran pertama yang diujikan, hari kedua Matematika, ketiga Bahasa Ingris, keempat IPA. Berdasarkan pantauan di sejumlah MTs di Kabupaten Temanggung, pelaksanaan UN berjalan lancar dan kondusif tidak ada hambatan. Pihak Madrasah juga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan persiapan UN, terutama pengamanan naskah soal UN.  Pelaksanaan UN hari pertama, tidak ada siswa MTsN Kedu yang absen mengikuti ujian.

Lebih lanjut dikatakan, untuk naskah soal UN MTs di sekolah kami tidak ada masalah. Sebab sebelum naskah soal UN ini datang ke sekolah, kita sudah diberikan arahan oleh Kementerian Agama Kabupaten Temanggung jangan sampai ada naskah soal UN yang bocor, ujar Khaerun saat di kunjungi Tim Monitoring UN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang didampingi oleh Kasubbag TU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,  Ahmad Sugijarto.

Ahmad Sugijarto mengatakan bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah yang mengikuti UN se Kabupaten Temanggung berjumlah 2343 siswa yang di laksanakan serentak hari ini. Untuk pelaksanaan UN tersebut akan berlangsung 2 ,3 , 4, dan 8 Mei mendatang. Harapan dari tim monitoring untuk hari pertama pada Madrasah Tsanawiyah Negeri  Kedu ini alhamdulillah berjalan baik dan lancar, semoga kita berharap pada hari-hari berikutnyapun demikian pula adanya.

Ia juga berharap, kedepan hingga usai pelaksanaan UN juga akan tetap berjalan lancar dan siswa mendapat nilai yang memuaskan . “Semoga nanti para siswa mendapatkan nilai yang bagus,”paparnya mengakiri kunjungannya.(sr/Af)