Hibernasi Pikir Terobosan Siswa MAN I Hadapi UN

Wonosobo – Jelang UNBK dan UAMBNK yang akan berlangsung Maret mendatang, MAN 1 Wonosobo gelar outbond guna merefres semangat dan daya fikir siswa yang akan mengikuti ujian tersebut. Kegiatan outbond berlangsung pada hari Kamis (15/3) tadi di Area Surya Yudha Park Banjar Negara..

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan outbond dengan tema Fun Game tersebut yakni seluruh siswa-siswi yang saat ini sedang berada di bangku kelas XII dengan jumlah kurang lebih 350 siswa- siswi MAN 1 Wonosobo. Outbond dikemas dengan bentuk permainan atau game yang diikuti seluruh peserta.

Kegiatan outbond ini bukan kali pertama dilakukan, di tahun sebelumnya pihak Madrasah juga melakukan kegiatan yang sama. Menurut Ma'ruf selaku Humas dan ketua panitia outbound mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk memberikan penyegaran atau refresh baik dari segi rohani maupun jasmani.

“Melihat siswa kls XII setelah beberapa waktu disibukkan dengan berbagai penilaian, seperti ujian praktek, PAS genap dan simulasi UNBK/UAMBNBK di khawatirkan nanti siswa merasa tertekan dan jenuh, jadi perlu untuk di adakan outbound tiap tahunnya dengan tujuan agar siswa jadi refresh kembali pikiran dan semangatnya, selian itu,.” terangnya.

Selanjutnya pihaknya menambahkan, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut selain untuk merefresh siswa siswinya, juga bisa berdampak pada pembentukan karakter pada siswanya dengan berbagai kegiatan dan permainan yang menarik selama outbound juga bisa berdampak pada hasil ujian nanti.

“Hal penting lainnya dari kegiatan ini, diharapkan nanti siswa bisa menjadi lebih siap baik secara fisik ataupun mental untuk mnghadapi UAMBNBK (26-31/03),  UNBK (09-12/04) dan UM / USBN (19-26/4)  sehingga diperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan  target lulus 100% dengan kualitas nilai yang lebh baik dari tahun sebelumnya, “ tambahnya.

Sementara itu, saat ditemui secara terpisah Warsam selaku kepala MAN 1 Wonosobo sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini.

“Saya apresiasi kegiatan tersebut, ini merupakan sebuah inovasi yang bisa mendorong semangat anak-anak. Dan saya sangat berharap kepada  panitia untuk tahun depan, kegiatan ini bisa lebih berfariasi mulai dari  game atau permainan selama outbound sehingga peserta betul-betul enjoy dan fresh dan meninggalkan kesan ketika nanti sudah selesai acara yang bisa mendorong semangat menghadapi ujian,” jelasnya.(ps-ws/rf)