Hilal Tidak Terlihat di Kab. Batang Karena Cuaca Mendung

Batang – Kita telah melaksanakan tugas sesuai dengan Surat Tugas untuk melakukan rukyatul hilal awal Ramadan 1439 H, namun karena  cuaca mendung, maka kita tidak dapat melihat hilal, demikian keterangan Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang saat melaksanakan kegiatan rukyatul hilal awal ramadhan 1439 H di Pelabuhan Batang pada Selasa,(15/05) . 
Penyelenggara Syariah Kemenag Kab. Batang Luthfi Hakim Arif Effandi dalam keteranganya menjelaskan bahwa tim rukyatul hilal ini terdiri dari unsur Kemenag, Pengadilan Agama dan perwakilan dari ormas Isam yang ada. Dia juga mengatakan bahwa di Kabupaten Batang berdasarkan data yang ada Matahari terbenam pada jam 17.31 WIB, azimut matahari  pada 288'56″,57 sedangkan azimut bulan adalah 284'9″,14. Namun karena diufuk barat cuaca sangat mendung, maka hilal tidak dapat terlihat.

“Karena cuaca di ufuk barat sangat mendung, maka hilal pada sore ini tidak terlihat”, jelasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Kudaifah yang memimpin langsung pelaksanaan rukyatul hilal dalam keterangannya menyatakan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pengadilan Agama dan perwakilan Ormas Islam yang mengikuti kegiatan ini, akan tetapi karena cuacanya mendung maka hilal tidak dapat terlihat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pengadilan Agama serta perwakilan Ormas Islam yang telah berkenan mengikuti rukyatul hilal ini sebagai kewajiban kita untuk ikut menentukan awal Ramadan di tahun ini, akan tetapi karena cuaca sangat mendung, maka usaha kita belum dapat melihat hilal”,jelasnya.

Segera setelah pelaksanaan rukyatul hilal awal Ramadan ini selesai, Penyelenggara Syariah Kemenag Batang membuat surat laporan resmi yang disampaikan pada Kanwil kemenag Provinsi Jawa Tengah.(Zy/rf)