Hormat Dan Patuhilah Bapak Ibu Guru, Dimanapun Engkau Berada

Kab. Pekalongan – Seluruh civitas MTs Negeri 1 Pekalongan, Kamis 25 November 2021 peringati Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Peringatan HGN kali ini dilaksanakan  dengan Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan serta seluruh siswa dan siswi MTs. N 1 Pekalongan.

Peringatan Hari Guru Nasional dilaksanakan sesuai Edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama RI hal Pelaksanaaan Upacara Bendera HGN 2021 dengan tema “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri”. Dalam satu informasi pada edaran tersebut menyebutkan Madrasah yang telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas diharapkan dapat menggelar upacara secara luring dengan Protokol Kesehatan.

Dalam upacara yang dilaksanakan di halaman madrasah, selaku petugas upacara adalah Bapak Ibu guru MTs N 1 Pekalongan, diantaranya Eni Muhanah, S.Pd selaku MC; Pemimpin Upacara Agung Nugroho, S.Pd; Emi Shofana, S.Pd. sebagai pembaca UUD 1945; Siti Mushiyam, S.Ag. pembirama; Adapun sebagai pengibar bendera Ismiyati, S.Pd.; Sumarni, S.Pd; dan Triyanah, S.Pd, sementara  Abdul Azis, S.Pd. sebagai pembaca doa.

Dalam sambutannya, Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed., selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa guru adalah pahlawan. Ia mengajak untuk tawadhu’ kepada guru.

“Rasulullah SAW. mengingatkan kalau ingin hidupnya berkah, ilmunya bermanfaat maka hormatilah guru, tawadhu’lah pada guru, hargailah guru. Seorang santri harus sami’na waatho’na kepada kyainya, Demikian pula seorang murid harus Ta’dhim kepada gurunya,” ujarnya.

“Hormat dan patuhilah Bapak Ibu guru, dimanapun engkau berada. Bertemu dengan guru menyapa menanyakan kesehatan dan kabarnya dan sebagainya. Inilah murid yang baik dan yang ilmunya bermanfaat,” H. Mukhlisin dalam pesannya.

“Demikian pula di rumah harus ta’dhim dan patuh kepada orang tua. Hakikatnya yang mendidik adakah orang tua. Guru yang sebenarnya adalah ibu bapak atau orang tua. Yang kewajiban untuk mendidik adalah orang tua. Di madrasah, guru inilah yang menjadi orang tua kalian. Maka haruslah tadhim dengan gruru, karena gurulah yang mengajarkan ilmu dan mencerdaskan pada kalian.” sambungnya.

Masih menurut H. Mukhlisisn bahwa dalam komunitas madrasah, peserta didik untuk menghormati guru dan juga karyawan atau pegawai tata usaha, karena sarana prasarana, keamanan dan kenyamanan, kebersihan dan proses belajar mengajar dapat berlangsung baik, karena peran guru juga segenap karyawan atau pegawai madrasah.

Di penghujung sambutannya, Kepala madrasah memberikan pesan pada siswa, “Raihlah prestasi, ikutlah kompetisi-kompetisi secara online buktikan bahwa kalian adalah anak-anak yang berprestasi.” pungkasnya.

Kepala Madrasah juga menyampaikan terimakasih atas ketertiban pelaksanaan upacara demikian pula apresiasi pada guru-guru sebagai petugas upacara dapat melaksanakan tugasnya dengan  baik meskipun spontanitas. Selamat Hari Guru Nasional ke 76. Dalam upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 ini juga dinyanyikan lagu Hymne Guru dan Syukur, serta dilanjutkan pembacaan doa. (US-IY/Ant/bd).