HOTS, Tantangan Siswa Kerjakan Soal UNBK

Rembang — Pelaksanaan UNBK bagi SMA/MA telah memasuki hari kedua yang sudah dimulai sejak hari Senin (01/04) kemarin. Soal UNBK kali ini sama seperti tauhun lalu, yaitu penerapan soal high order thinking skills alias HOTS. Melalui penerapan soal HOTS ini, siswa dituntut untuk tidak hanya menghafal, tetapi juga mampu menganalisis dan mengevaluasi soal untuk mencari jawaban.

Hal ini menjadi tantangan bagi peserta UNBK. Tak terkecuali di MAN 2 Rembang. Adalah Varid Salafudin, siswa ini kebagian sesi kedua pada mapel Matematika. “Iya tadi soalnya lebih banyak HOTSnya. Ini menjadi tantangan tersendiri. Agak gugup sih, tapi alhamdulillh bisa optimis mengerjakan,” kata Varid ketika diwawancara usai ujian.

Hal serupa juga diakui oleh teman sejawatnya, Novita yang sudah lebih dulu usai mengerjakan di sesi pertama. “Soal matematika yang terintegrasi dengan analisa. Ini melatih kita untuk memecahkan persoalan dengan analisa kita. Sudah lega sih, sudah selesai mengerjakan,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi keterlambatan, peserta ujian banyak yang berangkat lebih awal. Walaupun harus menunggu agak lama untuk masuk kelas, mereka bisa mengisi waktu dengan balajar. “Ya kalau berangkat awal kita jadi lebih siap dan lebih percaya diri, dan bisa berdoa lebih dulu  sebelum ujian,” kata Novita.

Novita dan teman-temannya berharap akan mendapatkan hasil yang maksimal pada UNBK ini. “Tak dapat dipungkiri, hasil ujian tergantung pada ketekunan dan doa. Setelah belajar bersungguh-sungguh, lantas berdoa dan pasrah kepada Allah akan hasilnya.  Yang paling penting adalah optimis, jujur, mampu berpikir kritis, dan selalu pasrah kepada Allah Swt,” lanjut Novita. – (maya-iq/gt)