IGRA Gandeng KPU Kebumen Sosialisasi Pemilu 2019

Kebumen– Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan sosialisasi melalui tatap muka dengan kelompok pemilih perempuan. Kegiatan yang dihadiri seluruh guru RA se Kabupaten Kebumen bertempat di aula Kementerian Agama Kabupaten Kabumen (14/2).

Komisioner KPU Kabupaten Kebumen Yulianto menyampaikan hal terkait tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019. Disampaikan bahwa pada 17 April 2019 nanti adalah kesempatan warga negara Indonesia untuk memilih anggota DPR, DPD, serta DPRD se-Indonesia periode 2019–2024 secara bersamaan. “Karena Pemilu Legislatif kali ini juga dilaksanakan bersamaan dengan Pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Tahun 2019,” tuturnya.

Selain itu disampaikan juga paparan mengenai Pemilu serentak 2019 dimana akan ada 4 surat suara yang wajib diisi pemilih serta cara mencoblos dengan benar agar surat suara sah.

Menurutnya surat suara tidak dilengkapi dengan foto atau gambar caleg, lambang partai politik dan hanya ada nomor urut dan nama lengkap caleg sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/identitas saat mendaftar ke KPU, bukan nama panggilan. “Jadi Ibu-ibu nanti jangan kaget kalau di surat suara tidak ada gambar yang akan dicoblos, karena hanya ada nomor urut dan nama lengkap,” paparnya.

Dia mengajak agar seluruh masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif dalam setiap tahapan dan tidak lupa untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada hari Rabu tanggal 17 April 2019.

Yulianto berharap para peserta dapat menerima informasi yang benar dan utuh terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak tersebut, serta bisa meneruskan informasi tersebut kepada keluarga, sanak saudara, tetangga, serta masyarakat luas lainnya. “Mohon nanti peserta bisa memberikan informasi ini kepada keluarga dan masyarakat di wilayahnya masing-masing,”pungkasnya.(pt)