Ikhtiar Bathin UPZ dalam Penangan Covid-19

Ikhtiar Bathin UPZ Dalam Pencegahan dan Penyebaran Covid-19

Brebes, Tahun Baru 1 Muharram 1443 H adalah kesempatan terbaik bagi umat Islam untuk  merajut tenun kebangsaan dalam persaudaraan dan persatuan. tak hanya dengan kalangan umat Islam tapi seluruh unsur yang berbeda baik suku, ras, agama dan budaya menyatu sebagai bangsa.

Kamis, 19/08/2021bertepatan dengan hari ke-10 di bulan Muharam,  ini adalah salahsatu hari yang memilki keutamaan, yaitu Puasa Assyura, hal ini sangat dijaga keutamannya oleh Rasulullah SAW. Sebagai informasi tambahan puasa Asyura ini adalah merupakan kewajiban puasa pertama dalam Islam, sebelum diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan.

Amalan yang lain yang sangat dianjurkan pada bulan Muharam adalah memperbanyak amalan shaleh. Kedatangan bulan Muharam juga menandai kebahagiaan bagi kaum dhuafa, dimana pada bulan ini, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim.

Momen 10 Muharram ini dimanfaatkan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Brebes untuk berbagai kebahagian dengan anak-anak yang kurang beruntung, secara simbolis di MTsN 2 Brebes dan pemberian bingkisan kepada 78 orang siswa yatim piatu.

“Dana yang dipakai santunan bersumber dari Zakat dan Infak ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama yang disetor ke UPZ,” ungkap H. Aqrom J. Daosat.

”Peringatan bulan Muharram 1443H, UPZ Kankemenag Brebes menyalurkan dana sebesar Rp. 50.000.000,- yang diberikan kepada siswa-siswi madrasah yang kurang beruntung dibawah naungan Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Brebes, siswa penerima santunan merupakan usulan dari setiap madrasah,” tambahnya. 

“10 Muharram adalah hari yang bersejarah, berupa anugerah yang luar biasa atas lulus ujian, cobaan dan  permasalahan hidup yang dirasakan oleh para nabi dan  umat-umat sebelum kita. Kesempatan ini di manfaatkan oleh UPZ ikut berpartisipasi dalam ikhtiar batin memberikan santunan dan memintakan doa kepada anak-anak yatim piatu yang ada, bersama-sama berdoa agar kita semua diselamatkan dan dihilangkanya covid-19 di muka bumi, mengingat maqbulnya doa-doa anak yatim,“ ungkap H. Faedurohim.

Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh H. Imam Ghozali, didampingi H. Aqrom J. Daosat, selaku Ketua UPZ, Kepala MTsN 2 Brebes Muhamad Suedi, H. Faedurohim Selaku sekretaris UPZ,  diterima oleh Ananda Sigit Mustofa kelas 8A dan Ananda Salfa Dwi kelas 7A siswa MTsN 2 Brebes, (Hid/Sua).