Imron : Santri Tidak Hanya Bersarung dan Berpeci

Pati – Kepala Kemenag Kabupaten Pati melepas Kontingen Kabupaten Pati yang akan mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara tingkat Kwarda Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal, Jawa Tengah, 9 – 11 Juli 2018 mendatang.

Pelepasan dilakukan di halaman kantor kemenag Pati, Ahad (8/7/2018). Hadir dalam kesempatan itu Kasi PDPontren Kemenag Pati Ruhani beserta stafnya dan Ketua beserta Pengurus Kwarcab Pati.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kab. Pati, Imron menyampaikan apresiasi kepada peserta di kalangan santri yang masih mencintai pramuka.

Menurutnya dalam pandangan Islam modern, konsep santri tidaklah selalu yang selama ini kita persepsikan bersarung, berpeci, pernah mukim di pesantren mengkaji ilmu agama, dan sebagainya.

“Untuk itu, saya memandang bahwa keikutsertaan kontingen Kabupaten Pati pada pelaksanaan kemah santri ini adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan pola pikir anak-anak kita, membangun karakter dan budi pekerti anak-anak, santri adalah bagian dari NKRI yang disatukan oleh kesatuan ideologi anak bangsa yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, ras, dan golongan,” paparnya.

Dikatakan, semangat kebangsaan dan ke-ika-an itulah yang kemudian melandasi pemikiran Kiai Wahab atas bimbingan mbah Hasyim Asy’ari mencetuskan adagium hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air bagian dari iman dan menggubah lagu bertajuk “Syubanul Wathan” sebagai upaya sekaligus pesan kepada generasi penerus untuk terus merawat nasionalisme, mengembangkan jiwa patriotisme dan memperkuat kesetiakawanan sosial.

Pada kesempatan ini, Imron berpesan kepada seluruh kontingen untuk memanfaatkan kesempatan kemah santri ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan sikap nasionalisme.

“Saat pelaksanaan kegiatan, tunjukkan kemampuan dan ketrampilan kalian dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas serta mengedepankan akhlakul karimah, jaga kebersamaan dan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari budayakan perilaku bertegur sapa dan jaga kebersihan,” tegasnya.

Sementara Kasi PDPontren Kemenag Pati Ruhani menjelaskan, Kabupaten Pati mengirimkan 20 Pramuka Santri dalam ajang Kemah Pramuka Santri Nusantara tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ponpes Darul Amanah Kabupaten Kendal.

“Kontingen terdiri dari 20 Penegak Putra dan Penegak Putri. Mereka berasal dari 2 Pondok Pesantren yakni Ponpes Al Kautsar Kajen Margoyoso dan Ponpes Nurul Falah Pakis Tayu,” terangnya

Dia menambahkan, Kemah Pramuka Santri Nusantara akan diisi beragam kegiatan diantaranya lomba film pendek, lomba eksposur teknologi santri, lomba kuliner daerah, lomba pionering aplikatif, lomba k3, dan pentas drama. “Ada juga kegiatan wawasan seperti halaqah bersama Kanwil Kemenag Jateng, Kwarda Pramuka Jateng serta karnaval budaya islami,” pungkas Ruhani. (Am/bd)