In House Training Kepala dan Wakil Kepala Madrasah MTs

Temanggung – Kepala madrasah memegang peran yang strategis untuk menentukan kualitas dan mutu madrasah. Kualitas dan mutu madrasah itu tertuju pada kepala madrasah, oleh sebab itu, peningkatan kualitas kepala madrasah itu sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu madrasah.

Selama dua hari Kepala dan  Wakil Kepala Bidang Kurikukum MTs se-Kabupaten Temanggung melaksanakan kegiatan In House Training tentang kurikulum 2013. Kegiatan yang berlangsung  di MTsN 1 Temanggung, di Parakan (20-21/10) itu di selenggarakan oleh KKM MTs Kabupaten Temanggung.

H. Agus Salam, selaku Ketua KKM menjelaskan, bahwa kegiatan In House Training diikuti oleh 32 Kepala dan Wakil Madrasah MTs baik negeri atau swasta.

“Tujuan diadakannya In House Training tersebut untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik para Kepala dan Wakil Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di madrasah masing-masing, dan harapannya agar dapat disosialisasikan kepada para guru,” jelas Agus Salam.

Disamping itu juga untuk evaluasi kegiatan belajar harus selalu dilakukan untuk pelayanan yang lebih baik pada siswa.

“Evaluasi dan perbaikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan dan layanan kepada para siswa terutama dalam proses belajar mengajar,”  terangnya. Selanjutnya disampaikan bahwa kegiatan itu bersumber dari anggaran KKM dan konstribusi peserta.

Sementara itu Anik Yuliani, pengawas MTs menyampaikan, materi kegiatan ini meliputi Teknik Menyusun RPP, Prota dan Promes dengan pemetaan dan Penentuan KKM serta pengisian laporan penilaian sikap pengetahuan dan ketrampilan. Sebagai nara sumber kegiatan In House Training adalah, Hj. Amiroh Ambarwati, dari Balai Diklat Teknis Keagamaan Semarang.

Materi yang mendapat perhatian dari para peserta selama kegiatan tersebut adalah teknik membuat soal dengan sistem HOTS  (Hight Order thinking System), untuk penyusunan soal Penilaian Akhir Semester (PAS), semester ganjil mapel Fiqih dan IPA. (sr-nm/sua)