Indahnya Berbagi, Penyuluh Agama Islam Kota Magelang Bagi Sembako

Kota Magelang – Penyuluh Agama Islam Fungsional Kementerian Agama Kota Magelang, di bulan  penuh berkah ini kembali melaksanakan agenda rutinnya yakni merealisasikan programnya yang bertajuk Indahnya Berbagi Di Bulan Ramadhan. Koordinator bidang pengumpulan dana PAIF Kementerian Agama Kota Magelang Karomah, telah merintis program ini sejak tahun lalu sebagai bentuk empati atas kondisi keprihatinan ekonomi sebagai akibat dari wabah covid 19. Acara Indahnya Berbagi Di Bulan Ramadhan yang terselenggara di Aula Kantor ini di dukung oleh 14 majlis taklim yang menjadi binaan PAIF Kementerian Agama Kota Magelang, Selasa(04/05)

Merujuk kepada beberapa riwayat hadits baik secara qauli maupun fi'li, bahwa Ramadhan adalah bulan yang didalamnya terdapat banyak keutamaan. Allah SWT telah melapangkan kemurahan-Nya, serta melipat gandakan pahala atas amal kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Semangat itulah yang melandasi PIAIF Kementerian Agama Kota Magelang tidak lelah dalam berupaya untuk menggalang dana melalui majlis taklim binaanya. Alhamdulillah di Ramadhan tahun 1442 ini bisa membagikan 243 paket sembako yang diberikan kepada: 96 paket ustadz/ustadzah, 24 paket marbot, 24 paket Penyuluh Agama Islam Non PNS, 9 paket karyawan honorer dan 90 paket untuk masyarakat di lingkungan Kementerian Agama Kota Magelang.

Dalam Sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, disamping mengucapkan terimakasih kepada para PAIF dan majlis taklim yang mendukung acara ini beliau juga  menuturkan “Berbagi sedekah bisa kita lakukan disetiap saat. Akan tetapi ketika dilakukan di bulan Ramadhan akan memiliki nilai tersendiri, karena ketika di bulan Ramadhan pahala bersedekah kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Menyisihkan sebagian rejeki seperti yang dilakukan oleh oleh majelis taklim dan PAIF merupakan perbuatan yang sangat terpuji sebagai wujud kesalehan sosial” ujar Sofia Nur.

Pada kesempatan yang sama Kasi bimas Islam juga memberikan apresiasi kepada PAIF Kementerian Agama Kota Magelang yang telah mampu membina majlis taklimnya dengan sangat baik. “PAIF kita ternyata tidak hanya sukses dalam membina iman dan taqwa jama’ahnya saja, akan tetapi memiliki komitmen membuka hati untuk saling berbagi. Tugas berat lain yang harus dijalankan oleh PAIF adalah untuk menciptakan kedamaian serta memperkuat moderasi beragama. Kedepan program Indahnya Berbagi Di Bulan Ramadhan akan lebih tepat jika tidak hanya di berikan kepada yang seagama saja, tetapi juga kepada mereka yang memang tidak mampu untuk meringankan beban hidup meskipun berbeda keyakinan” kata Abdurrosyid.

 Acara Indahnya Berbagi Di Bulan Ramadhan tersebut berlangsung dengan tertib dan hikmat, dengan tanpa mengabaikan disiplin protokol kesehatan dalam penyelenggaraanya, mengingat sampai sekarang pandemi Covid 19 belum berakhir. Semoga sepak terjang PAIF Kementerian Agama Kota Magelang tidak hanya memperoleh pahala dan keberkahan di bulan Ramadahan saja, akan tetapi mampu menjadi inspirasi bagi kita semua dalam meningkatkan kesalehan sosial untuk mewujudkan ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin. (Karomah/HS)