Indahnya Berbagi Takjil di Ramadan

Rembang – Ramadan selalu membawa suasana yang berbeda dengan bulan-bulan tahun hijriyah lainnya. Pada bulan suci ini, banyak sekali masyarakat yang berinfaq dan bersedekah dengan tujuan tak lain mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh jajaran guru dan staf MAN 1 Rembang. Menyadari akan pentingnya berbagi kepada sesama, jajaran MAN 1 Rembang ini mengadakan program Berbagi Takjil kepada masyarakat Rembang.

Kegiatan yang dikoordinasi oleh Puji Surtiningsih ini ditujukan kepada berbagai elemen masyarakat. Antara lain pengguna jalan, anak yatim dan santri. “Anak yatim dan santri akan sangat senang dengan adanya pemberian dari masyarakat meskipun hanya berupa takjil,” kata Puji.

Pembagian takjil ini terbagi dalam tiga kloter yang menyasar ke tiga titik tertentu yang dilaksanakan pada minggu kedua, ketiga dan keempat bulan Ramadan. “Pembagian takjil ini kami tujukan kepada pengguna jalan yang ada di perempatan Zaini Rembang Kota, anak yatim di Panti da Pondok Pesantren, Dukuh Badeg, Sridadi Rembang, dan warga Desa Sendangagung Pamotan,” sebut Puji.

Adapun takjil yang dibagikan yaitu sejumlah 150 paket takjil yang dimasak dan dibungkus sendiri oleh guru dan karyawan MAN 1 Rembang. Puji mengatakan, penyaluran takjil ini bersumber dari iuran sukarela guru dan karyawan.

“Tidak ada paksaan kepada guru dan karyawan. Semua menyumbang dengan sukarela. Dan mereka merasa senang karena bisa melakukan hal positif selama Ramadan, yaitu dengan berbagi kepada sesama walaupun nilainya tidak seberapa,” ungkap Puji.  — iq