Inovasi Diperlukan Dalam Pembelajaran TPQ

Kudus – Badan Koordinasi  (Badko) Taman Pendidikan Al-Qur’an  (TPQ ) bersama bagian Kesra Setda Kabupaten  Kudus menggelar Workshop  Manajemen TPQ  diikuti sebanyak 150 peserta dari unsur Kepala dan guru TPQ  di Hotel  @ Home  Kudus (5/12) .

Para peserta wokshop terlihat antusias menyambut positif kegiatan ini karena bisa menambah ilmu dalam menyukseskan pembelajaran di lembaga TPQ

Kasi PD Pontren , Abdul Jalil dalam sambutanya mengatakan   bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah   dalam rangka meningkatkan  kapasitas guru  TPQ dalam menjalankan tupoksinya  serta sebagai pembekalan  agar  para guru mampu memiliki pengetahuan dalam membina para santrinya untuk meningkatkan kemampuan guru  dalam  membina TPQ sehingga ke depan anak anak yang di asuh dan dibina bisa menjadi anak yang trampil dan mampu  membaca Al- quran dengan baik dan benar  serta  dapat menerapkan  dalam kehidupan sehari hari.

 Hadir Kabag Kesra  Kabupaten Kudus, Mundir   saat  membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Kudus terhadap  upaya peningkatan kualitas pendidikan baca tulis alqur’an dibuktian melalui  pemberian insentif kepada guru TPQ d Kabupaten Kudus. Sejalan dengan hal tersebut , sistem pembelajaran  di TPQ  tidak terpaku pada  konvensional  tetapi perlu inovasi  atau terobosan baru .” Inovasi tersebut , terutama dalam hal metode pembelajaran yang mudah dicerna , dipahami dan di praktekan bagi anak anak kita “ Jelasnya . Menyampaikan pula bahwa kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja melainkan berkelanjutan karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas TPQ baik disisi Sumber Daya Manusia maupun pada manajemen lembaga.

Setelah sambutan di lanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa nara sumber yaitu : Kasi PD Pontren  , Abdul Jalil dengan tema “ Kebijakan Kementerian Agama Dalam Pendidikan Al-Qur’an “. Dilanjutkan pemateri lainya yaitu dari Ketua Badko TPQ Kabupaten Kudus , Zaenal Fahmi  dan Ketua Batko TPQ Provinsi Jawa Tengah, Sihabuddin.  ( St.Zul/wwk/bd ).